Tribun Wajo

Bawakan Aspirasi di DPRD, Warga Wajo Minta Masjid Dibuka

Namun Pemerintah Kabupaten Wajo belum membolehkan masjid beraktivitas dengan normal.

hardiansyah abdi gunawan
Forum Silaturahmi Pengurus Masjid (FSPM) Kabupaten Wajo meminta agar masjid-masjid di Kabupaten Wajo juga dibuka kembali untuk kegiatan Ramadan dan Idul Fitrid i DPRD Kabupaten Wajo, Senin (11/5/2020). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, telah memberikan izin operasional untuk seluruh pasar di Wajo.

Namun Pemerintah Kabupaten Wajo belum membolehkan masjid beraktivitas dengan normal.

Forum Silaturahmi Pengurus Masjid (FSPM) Kabupaten Wajo, meminta agar masjid-masjid di Kabupaten Wajo juga dibuka kembali untuk kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri.

Olehnya, Surat Edaran Bupati Wajo nomor 450/149/Kesra tentang panduan aktivitas Ibadah di bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, mesti ditinjau ulang.

"Di mana banyak masyarakat dan tokoh agama meminta untuk meninjau ulang kembali surat edaran tersebut, karena saat ini Kabupaten Wajo masih dalam zona hijau," kata perwakilan FSPM Kabupaten Wajo, Sudirman saat menyampaikan aspirasinya di Kantor DPRD Wajo, Senin (11/5/2020).

Menurutnya, kesepakatan yang diambil pada rakoor dan evaluasi Tim Gugus Tigas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wajo pada 6 Mei 2020 lalu, telah melanggar dalil yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Yang mana dinyatakan bahwa zona hijau boleh melakukan ibadah di masjid, sedangkan di Kabupaten Wajo tidak memperbolehkan, padahal kita masuk zona hijau," kata advokad tersebut.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Wajo, Erna Aras menyebutkan, jika aspirasi serupa sudah berulang kali diterimanya dan telah disampaikan ke Sekertaris Daerah Kabupaten Wajo dan Bupati Wajo.

"Pemkab Wajo telah beberapa kali menerima aspirasi dari pengurus masjid meminta untuk dibuka pada salat Jumat, dan ini sudah disampaikan kepada Sekda," ujar Erna Aras.

Selain itu, telah dilakukan rakoor yang diikuti oleh Forkopimda, pengurus DMI, MUI, ormas Islam dengan hasil bahwa semua belum menyetujui adanya pembukaan masjid.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved