Pilwali Makassar

Basis Data Berubah, KPU Makassar: Kita Fokus Updating ke 9 Desember

Perubahan jadwal Pilkada Serentak 2020 dari September ke Desember 2020 membuat progres penyusunan data pemilih terhambat.

fadli/tribun-timur.com
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Romy Harminto 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Perubahan jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dari September ke Desember 2020 membuat progres penyusunan data pemilih terhambat.

Soalnya, basis data yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bahan pencocokan dan penelitian (Coklit) dipastikan berubah.

Komisioner KPU Makassar, Romy Harminto, Minggu (10/5/2020) mengatakan basis data berubah karena batas perhitungan (cut off) usia 17 tahun atau pemilih pemulanya juga disesuaikan.

Jika sebelumnya di-cut off pada 23 September, dengan adanya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang baru maka bergeser menjadi 9 Desember.

Untuk itu, lanjut Romy, rencananya pembaharuan basis data yang bersumber dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) hanya akan mengakomodir pergeseran tersebut.

“Kemungkinan lebih kepada updating pemilih pemula dari 24 September ke 9 Desember. Inilah yang kita genjot. Supaya e-coklit bisa dipergunakan secepatnya,” tuturnya.

Soal e-coklit, deadline pengerjaan dengan skala yang lebih besar, dari sebelumnya hanya Kota Makassar menjadi nasional telah dilakukan dan disetor ke KPU Republik Indonesia.

"Sudah selesai, tinggal kita mau uji coba bulan ini, jika dapat ijin dari wali kota Makassar dan posko induk satgas Covid-19, maka kita langsung bergerak dengan protokol kesehatan tentunya," jelasnya.

Fokus jajarannya saat ini terkait penyusunan daftar pemilih adalah teknis pelaksanaan coklit.

Sebagaimana rapat pleno KPU, setidaknya ada lima tahapan yang akan disesuaikan dengan kondisi pandemi. Dan Coklit menjadi salah satu di antaranya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved