Update Corona Sulbar

Sulbar Akhirnya Miliki Alat Test Covid-19

Sulawesi Barat, akhirnya miliki alat test virus corona atau Covid-19. Alat tersebut didatangkan dari Amerika Serikat.

TRIBUN TIMUR/NURHADI
Kepala Dinas Kesehatan Sulbar dr Muh Alif Satria saat diwawancarai wartawan usai penyerahan mobil ambulance pasien Covid-19 di Gedung PKK Sulbar.(tribunnurhadi) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Sulawesi Barat, akhirnya miliki alat test virus corona atau Covid-19. Alat tersebut didatangkan dari Amerika Serikat.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, dr Muh Alif Satria, mengatakan, alat tersebut menggunakan teknik tes cepat molekuler atau mesin TCM.

Dikatakan, alat bisa mendeteksi virus SARcov2 penyebab Covid-19 dengan menggunakan catdrige.

"Mesin TCM ini juga menggunakan proses PCR, perbedaanya real time PCR dan TCM PCR itu hanya prosesnya. Kalau real time PCR ada proses manual, kalau ini langsung masuk ke dalam catdrige, hasil bisa diketahui dalam 45 menit,"kata dr Alif ditemui Tribun Timur.com usai penyerahan ambulance di gedung PKK Sulbar, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melatih sejumlah tenaga medis ahli agar alat tersebut segera bisa dimanfaatkan untuk mempercepat penangana Covid-19 di Sulbar.

"Sekarang yang dilatih di Dinas Kesehatan ada empat orang dan ada juga di labkesda yang dilatih,"ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam satu hari, alat ini bisa menguji maksimal 50 sampel pasien.

Kata dia, TCM saat ini sudah ada hampir diseluruh rumah sakit di Indonesia. Namun Kemenkes mengeluarkan kebijakan bahwa TCM yang digunakan untuk tuberculosis (TBC) selama ini sebagian bisa dirubah menjadi pemeriksaan Covid-19 dengan alat pendukung yang ada.

"Semua perangkat yang dipersyaratkan Kemenkes sudah kita penuhi, tinggal SDM kita latih,"ujarnya.

Ia berharap dengan adanya alat tersebut, ruang-ruang isolasi akan semakin berkurang pasiennya karena begitu diperiksa dan diketahui negatif langsung keluar dari rumah sakit.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved