Tribun Wajo

Pelabuhan Bangsalae Siwa Tak Layani Penumpang, Dishub Waspadai Pemudik Berkedok Surat Dinas

Pembatasan aktivitas penumpang itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Wajo.

TRIBUN TIMUR/HARDIANSYAH ABDI GUNAWAN
Pelabuhan Bangsalae Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Wajo. 

TRIBUNWAJO.COM, PITUMPANUA - Aktivitas penyeberangan penumpang di Pelabuhan Bangsalae Siwa masih ditutup, Jumat (8/5/2020).

Pembatasan aktivitas penumpang itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Wajo.

Sebelumnya, Bupati Wajo Amran Mahmud mengeluarkan edaran penundaan kegiatan pemberangkatan penumpang pada 23 Maret lalu, dan diperpanjang pada 9 April hingga waktu yang tidak ditentukan.

"Kita masih layani untuk logistik sebagaimana edaran Pak Bupati, untuk penumpang jelang musim mudik ini tentu kita perketat," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Andi Aso Hasanuddin.

Mendekati musim mudik lebaran, membuat warga akan berbondong-bondong pulang kampung dengan berbagai cara meski telah ada larangan dari pemerintah.

Ada banyak modus yang dilakukan bagi mereka yang ngotot mudik ke Kabupaten Wajo. Salah satunya adalah menggunakan surat dinas.

"Bagi penumpang dengan alasan kemanusiaan seperti sakit atau berduka kami konfirmasi ke pemerintah daerahnya. Jika urusannya dinas maka pasti dibekali dengan surat tugas," katanya.

Banyak warga yang menjadikan surat dinas sebagai kedok pulang kampung di tengah pandemi.

Namun, Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo tak ingin kecolongan, jika cuma punya surat tugas atau dinas yang tidak jelas, maka akan ditolak.

"Yang jadi kendala adanya masyarakat yang memiliki surat jalan dari pemerintah desanya dengan tujuan hanya untuk mengunjungi kerabatnya, sudah mulai kita tidak izinkan lewat," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved