Human Interest Story

Tempuh Jalur Ekstrem, Bu Kades di Mamasa Keliling Kampung Sosialisasi Bahaya Covid-19

Nelce begitu sapaan Nelce Arruan Layuk (30), kepala Desa (Kades) Salukona Kecamatan Tabang, Kabupaten Kabupaten Mamasa.

Tempuh Jalur Ekstrem, Bu Kades di Mamasa Keliling Kampung Sosialisasi Bahaya Covid-19
Semuel/Tribunmamasa.com
Kepala Desa Salu Kona melakukan sosialisasi kepada warga.

TRIBUNMAMASA.COM, TABANG - Nelce begitu sapaan Nelce Arruan Layuk (30), kepala Desa (Kades) Salukona Kecamatan Tabang, Kabupaten Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar).

Nelce salah satu dari sekian banyak kepala desa perempuan tangguh. Tugas di daerah pedalaman yang jauh dari hiruk dan bisingnya suara knalpot mesin pabrik dan kendaraan layaknya di kota besar.

Salu Kona berada di sebelah timur Kota Mamasa, kurang lebih berjarak 40 Km dari kota Kabupaten Mamasa, memiliki lebih dari 1000 jumlah penduduk yang terbagi dalam lima dusun.

Sudah hampir tiga bulan pandemi Covid-19 merebak kesejumlah daerah, dari kota hingga pelosok negeri yang kemudian menjadi ancaman bagi jutaan orang penduduk Indonesia.

Di Sulbar Khususnya, hingga 6 Mei 2020, tim gugus tugas mencatat 58 kasus positif Covid-19 terdiri dari 49 orang dalam proses perawatan, 3 orang isolasi mandiri, 4 orang sembuh dan meninggal dunia 2 orang, tersebar di 5 Kabupaten.

Meski di Mamasa hingga saat ini belum terdapat kasus positif, tentu saja hal itu menjadi momok bagi semua warganya.

Situasi sulit ini tak membuat Kepala Desa Salu Kona seorang wanita tangguh ini berdiam diri.

Di tengah pandemi Covid-19, Nelce dengan hari ikhlas menempuh jalur ekstrem di desanya, mendatangi satu per satu rumah warga memberikan edukasi betapa pentingnya hidup sehat melawan covid-19.

Tak hanya sekadar memberikan edukasi, bahkan Nelce berperan serta melawan covid-19 dengam memberikan alat pelindung diri berupa masker kepada warganya.

Pembagian APD serta sosialiasi pencegahan kepada warga, dilakukan dengan harapan mereka bisa terhindar dari virus Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved