Ramadhan 1441 H

Tak Mampu Puasa, Segini Besaran Fidya yang Harus Dibayarkan di Enrekang Tahun Ini

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan. Namun, ada beberapa pengecualian bagi orang yang tidak berpuasa.

m azis albar/Tribunenrekang.com
Pimpinan Baznas Enrekang, Ilham Kadir 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan. Namun, ada beberapa pengecualian bagi orang yang tidak berpuasa.

Ada yang puasanya dapat diganti pada hari lain, ada pula karena penyebab tertentu tidak mampu berpuasa sehingga perlu membayar fidyah.

Pengertian Fidyah adalah memberikan makan kepada satu orang miskin sebagai pengganti bagi yang tidak mampu berpuasa di bulan Ramadhan.

Untuk itu, Kementerian Agama (Kemenag) Enrekang dan Baznas Enrekang tahun ini pertama kalinya menetapkan besaran nilai fidyah.

Hal itu untuk memudahkan masyarakat yang ingin membayar fidya karena tak mampu menjalankan ibadah puasa karena sakit atau penyebab lainnya.

Pimpinan Baznas Enrekang, Ilham Kadir mengatakan masyarakat juga perlu tahu apa itu fidyah dan siapa saja yang berhak menerima agar masyarakat tidak salah memberi.

Menurutnya, yang wajib membayar fidyah adalah orang yang memiliki riwayat sakit menahun dan kronis seperti stroke, diabetes dan lainnya yang membuat mereka tidak mampu berpuasa.

Termasuk wanita hamil yang dikhawatirkan janinnya terganggu jika berpuasa, wanita nifas, dan menyusui.

“Jadi fidyah ini berlaku bagi orang yang tidak mampu menjalankan puasa di Bulan Ramadhan maka wajib membayar fidyah atau memberi makan kepada fakir miskin tiga kali sehari," kata Ketua Infokom MUI Enrekang ini, Minggu (3/5/2020).

Ia menjelaskan, pihaknya telah menetapkan jumlah fidyah yang harus dibayarkan tahun ini dengan mendasari kondisi saat ini dan makanan sehari-hari fakir miskin dengan jumlah sebesar Rp 30 ribu per hari.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved