Update Corona Lutim

Begini Antisipasi Pemkab Luwu Timur Hadapi Lonjakan Pasien Virus Corona

Termasuk menyiapkan fasilitas kesehatan bagi perawatan pasien kasus pandemi ini di RSUD I La Galigo, RS Inco PT Vale dan sejumlah puskesmas

Humas Pemkab Lutim
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, minta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membantu polisi membubarkan warga yang berkerumun, Selasa (7/2/2020). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Luwu Timur terus menyiapkan langkah strategis melawan virus corona atau Covid-19.

Termasuk menyiapkan fasilitas kesehatan bagi perawatan pasien kasus pandemi ini di RSUD I La Galigo, RS Inco PT Vale dan sejumlah puskesmas yang memadai.

Mengingat baru-baru ini, jumlah kasus positif bertambah, dari awalnya 1 kasus kini menjadi 2 kasus. Meski demikian 1 kasus sudah dinyatakan sembuh.

"Perhitungan kami, dengan fasilitas kesehatan yang tersedia saat ini, mampu menampung hingga puluhan pasien Covid-19," kata Husler dirujabnya, Kamis (30/4/2020).

Menurut Husler, pemerintah tidak menutup mata dan terus memantau, melakukan koordinasi, serta menentukan sikap terkait langkah antisipasi yang harus dilakukan.

Koordinasi dengan pihak terkait terus dilakukan dalam menentukan langkah strategis dalam mengantisipasi jika terjadi peningkatan pasien positif.

Bukan hanya itu, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Pemprov Sulsel, pemerintah pusat maupun swasta yang ingin menyumbang alat rapid test ke Tim GTPP Covid-19 Luwu Timur.

"Hari ini, Insya Allah 500 unit rapid test dari PT Vale Indonesia. Sebelumnya juga sudah menyumbangkan 320 unit rapid Test dan pemprov 40 unit," tutur Husler.

Ketersediaan alat rapit test menurutnya sudah cukup memadai, termasuk dengan ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan oleh tenaga kesehatan.

Husler juga mengaku tengah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak seperti DPRD dan pihak swasta, terkait kemungkinan pemkab memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk digunakan di daerah ini.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved