Breaking News:

Update Corona Makassar

Jumlah Pasien Rawat Inap di RS Bhayangkara Makassar Berkurang Hingga 70 Persen

Termasuk di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan, pasien yang memilih perawatan inap berkurang hingga 70 persen.

Penulis: Alfian | Editor: Syamsul Bahri
Kaswadi/tribun-timur.com
Penyemprotan disinfektan di salah satu titik di RS Bhayangkara, Senin (16/3/2020) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Jumlah pasien yang melakukan rawat inap di rumah sakit mengalami penurunan drastis sejak wabah pandemi Covid-19.

Termasuk di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan, pasien yang memilih perawatan inap berkurang hingga 70 persen.

" Jelas itu, biasanya sampai 350 orang tiap hari, sekarang cuman 90 orang berkurang 70 persen," ungkap Kepala RS Bhayangkara Makassar, Kombes Pol dr Farid Amansyah, saat dihubungi, Minggu (26/4/2020).

Menurunnya jumlah pasien menurut dr Farid Amansyah dikarenakan adanya tiga alasan.

Pertama pihak rumah sakit mengimbau masyarakat untuk menunda melakukan kunjungan ataupun permintaan medis jika tidak dalam kondisi emergency.

"Artinya semua tindakan-tindakan operasi yang terencana dan kira-kira misalnya kelainan yang bisa ditunda semisal pengangkatan tumor jinak, perbaikan patah tulang, operasi katarak, itukan semuanya bisa ditunda jadi tentukan berkurang," terangnya.

Selain tindakan operasi bagi beberapa keluhan penyakit yang bisa ditunda, faktor lainnya pihak RS Bhayangkara juga memberlakukan pengobatan atau penanganan penyakit lanjutan via komunikasi online.

"Pasien dan tenaga medis bisa komunikasi secara online, mereka berhubungan dan nanti setelah itu pasien bisa mengambil obat di rumah sakit Bhayangkara," tambahnya.

Alasan kedua dengan kondisi pandemi Covid-19 ini utamanya lantaran Makassar sudah masuk dalam kategori zona merah, aturan di RS Bhayangkara diperketat.

Pasien non-Covid yang mendapatkan perawatan inap diberlakukan pembatasan kunjungan atau penjagaan dari pihak keluarga.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved