Breaking News:

Update Corona Sulbar

Pasien Makin Bertambah, Direktur RSU Regional Sulbar Minta Ada Pembagian Tugas dengan Kabupaten

Positif virus corona di Sulawesi Barat meningkat drastis. Dalam sehari bertambah 25 terkonfirmasi positif.

TRIBUN TIMUR/NURHADI
Direktur RSU Regional Sulbar dr Indahwati Nursyamsi. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Positif virus corona di Sulawesi Barat meningkat drastis. Dalam sehari bertambah 25 terkonfirmasi positif.

Hingga saat ini jumlah positif virus corona di Sulbar sebanyak 33 kasus. Dari 33 tersebut 28 diantaranya dari kluster Pontanakayyang Mamuju Tengah.

Direktur RSU Regional Sulbar dr Indahwati Nursyamsi mengatakan jika pasien positif Covid-19 semua dirawat di rumah sakit yang dipimpin otomatis tidsk akan memadai.

"Harus ada pembagian tugas dengan kabupaten Yang tanpa gejala di rawar di RSUD kabupaten, kemudian yang dengan gejala di rawat di RS Regional,"ujar dr Indah via whatsapp.

dr Indah mengatakan di RSU Regional sendiri hanya tersedia 26 tempat tidur di ruangan isolasi pasien Covid-19. Sementara pasien positif sudah mencapai 33 orang.

Kadis Kesehatan Sulbar dr Muhammad Alif Satria mengatakan tidak semua pasien positif harus didorong ke RSU Regional Sulbar sebagai rumah sakit rujukan.

"Tetap isolasi mandiri kalau tidak bergejala. Makanya semua kabupaten di arahkan untuk sediakan wilayah karantina masing-masing,"kata dr Alif via telepon, Sabtu (25/4/2020).

Dia mengakui kondisi sekarang jika seluruh pasien positif langsung didorong ke RSU Regional memang tidak akan memadai dan tidak sesuai aturan.

"Harus ada kerjasama, masing-masing mamanfaatkan fasilitas atau sumber daya yang ada sesuai dengan kriteria,"ucapnya.

Dikatakan, khusus kasus baru sebanyak 24 dari kluster Pontanakayyang saat ini sudah ditangani tim Gugud Tugas Covid-19 Kabupaten Mamuju Tengah.

"Tergantung kondisinya. Kalau gejala sedang dan berat di dorong ke RSU Regional. Tapi kalau tanpa gejala dan gejala ringan di tangani di kabupaten masing-masing,"pungkasnya.(tribun-timur.com)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur: 

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved