Jokowi

Di Mata Najwa Jokowi Sebut Mudik Beda Pulang Kampung, Coba Lihat Tweet Susi Pudjiastuti - Fadli Zon

Di acara Mata Najwa, Presiden Jokowi sebut mudik beda pulang kampung, coba lihat isi tweet Susi Pudjiastuti hingga Fadli Zon.

INSTAGRAM.COM/@JOKOWI
Posting-an Presiden Jokowi di akun Instagramnya @jokowi. Di acara Mata Najwa, Presiden Jokowi sebut mudik beda pulang kampung, coba lihat isi tweet Susi Pudjiastuti hingga Fadli Zon. 

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM - Di acara Mata Najwa, Presiden Jokowi sebut mudik beda pulang kampung, coba lihat isi tweet Susi Pudjiastuti hingga Fadli Zon.

Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa mudik berbeda dari pulang kampung.

Ucapan Jokowi sekaligus kepala negara pun sedang ramai diperbincangkan di media sosial Facebook, YouTube, Twitter, hingga grup WhatsApp.

Hal itu disampaikan Jokowi menjawab pertanyaan mengapa pemerintah tak melarang masyarakat mudik sejak penetapan tanggap darurat Covid-19 atau Virus Corona sehingga mata rantai penularan ke daerah bisa terputus sejak awal.

"Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung, jadi mereka pulang," kata Jokowi menjawab pertanyaan Najwa Shihab dalam program Mata Najwa yang tayang pada Rabu (22/4/2020).

"Ya kalau mudik itu di hari Lebaran-nya. Beda. Untuk merayakan Idul Fitri. Kalau yang namanya pulang kampung itu yang bekerja di Jakarta, tetapi anak istrinya ada di kampung," lanjut dia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, mudik berarti (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman) atau pulang ke kampung halaman.

Mudik dan pulang kampus sama saja artinya menurut KBBI.

Namun, dalam "kamus pemerintah", keduanya punya arti beda dalam kondisi mewahnya Virus Corona atau Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menganggap wajar bahwa banyak orang yang kembali ke kampung halaman di masa pandemi Covid-19 karena kehilangan pekerjaan di tanah rantau.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved