Update Corona Majene

BLK Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga Majene Target Produksi 3 Ribu Masker

Warga di Kelurahan Baruga, Majene, secara swadaya memproduksi ribuan masker untuk dibagikan ke warga, turut difasilitasi Pesantren Ihyaul Ulum

Ponpes Ihyaul Ulum
Mesin jahit di BLK Ponpes Ihyaul Ulum DDI Baruga Majene yang siap digunakan produksi massal masker untuk kebutuhnan masyarakat. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE -- Warga di Kelurahan Baruga, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, secara swadaya memproduksi ribuan masker untuk dibagikan kepada warga sekitar.

Hal itu diinisiasi bersama antara kelompok pemuda yang proses produksinya turut difasilitasi oleh pihak Pondok Pesantren Ihyaul 'Ulum DDI Baruga.

Sekretaris Pondok Pesantren, Muhammad Najib, mengatakan, bahan baku produksi masker disiapkan oleh masyarakat secara swadsya kemudian diproduksi secara banyak pihak pesantren.

"Kebetulan di pondok pesantren memang ada banyak mesin jahit yang pada tahun kemarin difasilitasi pengadaannya oleh BLK. Sehingga kita ambil bagian disitu untuk memfasilitasi. Karena aset mesin jahit pesantren itu memang memiliki spesifikasi untuk produksi banyak, kami pikir itu tidak ada masalah apalagi ini untuk kemaslahatan orang banyak,"ujar Najib kepada Tribun via whatsapp, Sabtu (18/4/2020).

Salah satu tokoh pemuda Baruga, Rizal Kusnadi, menuturkan secara khusus kegiatan tersebut merupakan upaya pemuda di Kelurahan Baruga bersama pihak Pondok Pesantren memberi kontribusi positif terhadap pencegahan Covid 19.

Meski katanya masker hasil produksi swadaya tersebut tentu hanya bisa mengakomodir pada jumlah yang terbatas.

"Kami menilai mungkin ini hanya kontribusi kecil. Tetapi setidaknya ada upaya untuk meringankan beban pemerintah dan beban masyarakat pada umumnya dalam penanganan ini (Covid 19). Dengan buat masker ini minimal bisa mengakomodir kebutuhan masker warga dalam cakupan lokal saja,"katanya.

Rencananya jika tak ada halangan ditargetkan produksi masker tersebut bisa mencapai pada angka ribuan. "

"Sekitar tiga ribu lah,"ucapnya.(tribun-timur.com)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur: 

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved