Update Corona Barru

Suardi Saleh Ingatkan Kades dan Lurah Percepat Bantuan ke Warga

Bupati Barru, Suardi Saleh memberikan pengarahan kepada para kepala desa dan lurah se-Kabupaten Barru.

darullah/Tribunbarru.com
Bupati Barru, Suardi Saleh memberikan pengarahan kepada para kepala desa dan lurah se-Kabupaten Barru terkait penanganan dan antisipasi dampak dari pandemi Corona (Covid-19), Selasa (14/4/2020). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh memberikan pengarahan kepada para kepala desa dan lurah se-Kabupaten Barru terkait penanganan dan antisipasi dampak dari pandemi Corona (Covid-19).

Dalam hal ini, Suardi Saleh memberi sejumlah penekanan yang harus segera dijalankan oleh semua kepala desa dan lurah se Kabupaten Barru dengan tetap berpedoman pada perubahan kebijakan yang sudah diputuskan oleh pusat, maupun pemkab.

"Pertama, sekarang ini ada kartu pra kerja. Syaratnya adalah sudah berusia di atas 18 tahun dan sudah tidak kuliah dan tidak kerja. Sampaikan untuk mendaftar, tolong juga diteruskan ke masyarakat," ujar Suardi, Selasa (14/4/2020).

Untuk program ini, warga yang memenuhi syarat, bisa mendaftar via online tanpa dipungut biaya.

Karena itu, kades dan lurah harus meneruskan agar mereka yang berhak tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

"Kedua, Pemerintah Pusat beri kita kewenangan untuk tangani Covid-19 ini dengan cara mengalokasikan Dana Desa untuk refocusing menangani wabah ini,” tambahnya.

Ia mencontohkan, alokasi dana desa itu bisa dialihkan sebagian ke pembelian masker untuk dibagikan ke semua penduduk.

Dan jika memungkinkan menyiapkan juga sabun atau hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

“Saya harap ini segera dilakukan, jangan tunda. Termasuk bagikan masker ke semua warga. Khusus kelurahan, itu disiapkan melalui Dinas Kesehatan,” tegasnya.

Terkait Bantuan Langsung Tunai yang besarannya Rp 1 miliar sampai Rp 1,2 miliar untuk dana desa, disiapkan 20 sampai 25 persen.

Halaman
12
Penulis: Darullah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved