Presiden Jokowi Akhirnya Buka Suara,Tolak Usul Yasonna Laoly Bebaskan Koruptor dengan Modus Covid-19

Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara atas usulan Menteri Hukum Yasonna Laoly untuk membebaskan koruptor di tengah pendemi Virus Corona

Istimewa
Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara atas usulan Menteri Hukum Yasonna Laoly untuk membebaskan koruptor di tengah pendemi Virus Corona atau Covid-19. 

TRIBUN-TIMUR.COM-Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara atas usulan Menteri Hukum Yasonna Laoly untuk membebaskan koruptor di tengah pendemi Virus Corona atau Covid-19.

Lewat akun resmi instagramnya, Presiden Jokowi menyetujui rencana pembebasan tahanan secara bersyarat untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Ia mengakui sejumlah lembaga pemasyarakatan telah melebihi kapasitas yang berisiko mempercepat penyebaran Covid-19.

Namun, Presiden Jokowi menyebut kebijakan tersebut untuk narapidana tindak pidana umum.

Pembebasan secara bersyarat ini semata-mata dimaksudkan untuk menghambat atau memutus rantai penyebaran Covid-19 di lembaga-lembaga pemasyarakatan.

'Tetapi tidak dibebaskan begitu saja, ada syarat, kriteria, dan pengawasannya. Dan ini juga di laksanakan di negara-negara lain seperti Iran dan Brazil,"tulis Jokowi.

Lantas bagaimana dengan usulan pembebasan bagi para tahanan tindak pidana korupsi seperti yang beberapa waktu lalu disebutkan Yasonna Laoly?

Presiden Jokowi pun menegaskan, kebijakan ini tidak berlaku bagi koruptor.

"Pembebasan secara bersyarat ini tidak berlaku untuk koruptor. Dibicarakan dalam rapat pun tidak pernah. Sekali lagi, hanya untuk narapidana tindak pidana umum,"tegasnya.

Menurut Jokowi, pemerintah sama sekali tidak memiliki wacana untuk merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 mengenai Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, utamanya yang mengatur soal pembebasan narapidana tindak pidana korupsi.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved