Bantaeng Lawan Corona

Wabah Covid 19, Puskesmas Bisappu Bantaeng Tiadakan Program Rutin

Puskesmas tersebut, berada di Jl Poros Jeneponto Bantaeng, Bonto Lebang, kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng.

Achmad Nasution/Tribun Timur
Dokter Nurfatmiyanti Gani 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Covid-19 berdampak terhadap program pelayanan masyarakat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bissappu, Kabupaten Bantaeng.

Puskesmas tersebut, berada di Jl Poros Jeneponto Bantaeng, Bonto Lebang, kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng.

Nurfatmiyanti Gani, dokter di Puskesmas Bissappu, mengatakan ekgiatan yang rutin dilaksanakan Puskesmas Bissappu saat ini tidak lagi terlaksana untuk sementara waktu.

"Hal ini disebabkan karena adanya larangan untuk tidak mengumpulkan orang banyak, dalam menghindari penyebaran COVID-19," kata dr Anti, saat di temui TribunBantaeng.com, di rest area posko penanggulangan COVID-19 Bantaeng, Minggu, (5/4/2020).

Dia menyebutkan kegiatan program kesehatan masyarakat yang sementara tidak terlaksana seperti, musyawarah masyarakat Desa.Tujuannya untuk melakukan pendataan dan mengevaluasi kesehatan masyarakat.

Selain itu, Kelas ibu hamil, kelas ibu bayi balita 4 kali dalam sebulan.

Kemudian, Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu) untuk lansia, Pos Binaan Terpadu (Posbindu) untuk pemeriksaan usia produktif, dan pemeriksaan berkala anak sekolah, sementara tidak berjalan.

Adapun, kegiatan yang masih terlaksana yaitu, posyandu untuk melayani balita tetapi karena COVID-19 dilaksanakan secara door to door.

"Kegiatan posyandu yang dulu dikumpulkan di 23 titik posyandu, sekarang harus di laksanakan dengan mendatangi rumahnya langsung," ujar dr Anti

Hal inilah yang menjadi kendala Puskesmas Bissappu, ditambah lagi penanggulangan COVID-19 yang setiap hari dilakukan, tambahnya.

dr Anti berharap semoga kasus pandemi COVID-19 cepat berlalu.

Penulis: Achmad Nasution
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved