Bukalapak Tindaki Penjual Masker Harga Selangit, Dilapor ke Polisi dan. . .

Bukalapak Tindaki Penjual Masker Harga Selangit, Dilapor ke Polisi dan. . .

SHUTTERSTOCK
Masker untuk pencegahan penyebaran Virus Corona. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Bukalapak menggandeng kepolisian untuk menindak oknum pelaku penipuan dan penimbunan alat kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan Bukalapak tidak akan menoleransi terhadap penipuan, penyalahgunaan, dan pelanggaran alat kesehatan yang saat ini dibutuhkan masyarakat.

"Kami telah menutup ribuan akun pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi ini untuk meraup keuntungan dengan menaikkan harga secara tidak wajar," kata Rachmat kepada Tribunnews, Rabu (1/3/2020).

Ia menambahkan, penjual yang memasarkan barang dengan deskripsi yang tidak sesuai, dan menjual alat kesehatan yang tidak sesuai aturan juga akan ditindak tegas.

 "Setiap bentuk penipuan online, penimbun alat kesehatan dan penjual rapid test sangat merugikan masyarakat, sehingga perlu adanya tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku," ujar Rachmat.

Rachmat juga menyebutkan, kasus penipuan yang selama ini terjadi adalah pengiriman bodong dan phising kerap terjadi.

Phishing merupakan salah satu metode andalan penipu, di tengah timbulnya permintaan tinggi dan kepanikan masyarakat untuk mencari alat kesehatan.

Melalui phishing, seorang penipu meminta target untuk memberikan data-data penting di tautan yang tidak resmi dengan berbagai alasan, yang berujung peretasan.

"Kerja sama antara Bukalapak dengan Polri untuk pengusutan dan penindakan, yang diharapkan masyarakat dapat mendapaktan alat kesehatan dan kebutuhan sehari-hari di Bukalapak dengan aman, nyaman dan terjangkau," kata Rachmat.

Tertipu Harga Masker

Halaman
123
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved