Pilkada Serentak

Pilkada Serentak 2020 Ditunda, PKB Sulsel Pastikan Rekomendasi Tak Berubah

Sehingga, kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel itu tidak akan berubah mesti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020

abdul azis/tribun timur
Wakil Ketua Desk Pilkada PKB Sulsel Andi Fauzi Wawo 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Wakil Ketua Desk Pilkada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel, Andi Fauzi Wawo menegaskan semua surat rekomendasi yang dikeluarkan DPP melalui DPW PKB Sulsel dalam bentuk format B1-KWK.

Sehingga, kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel itu tidak akan berubah mesti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 diundur ke 2021.

"Insya Allah, semua rekomendasi yang sudah kami keluarkan dalam bentuk format KPU sehingga tidak akan berubah lagi," ujar Fauzi kepada Tribun, Selasa (31/3/2020).

Ia menambahkan, bahwa sampai saat ini juga pihaknya terus menjalin bahkan intens berkomunikasi dengan kandidat yang akan diusung partai besutan Muhaimin Iskandar di Pilkada serentak mendatang.

"PKB dalam mendukung kandidat tidak hanya sebatas keluarnya rekomendasi saja, tapi kami ikut aktif dalam kerja-kerja pemenangan kandidat yang kami dukung di Pilkada," katanya menambahkan.

Diketahui, KPU RI, anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI gelar rapat dengar pendapat, Senin (30/3/2020).

Hasilnya, ada empat poin diputuskan.

Pertama, melihat perkembangan pandemi Covid 19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi mengedepankan keselamatan masyarakat, Komisi II DPR RI menyetujui penundaan tahapan Pilkada Serentak 2020 yang belum selesai dan belum dilaksanakan.

Kedua, pelaksana Pilkada Lanjutan akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara KPU, pemerintah, dan DPR.

Ketiga, dengan penundaan Pilkada serentak 2020, maka komisi II DPR meminta pemerintah untuk menyiapkan payung hukum baru berupa peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang atau Perppu.

Halaman
12
Penulis: Abdul Azis
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved