Tribun Toraja Utara

Bupati Toraja Utara Tinjau Lokasi Percontohan Hortikultura di Balele

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan meninjau lokasi percontohan perkebunan holtikultura di Kelurahan Balele Kecamatan Rantepao.

TRIBUN TIMUR/RISNAWATI M
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan. / foto Risnawati 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan meninjau lokasi percontohan perkebunan Hortikultura di Kelurahan Balele Kecamatan Rantepao.

Didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Persandian (Kominfo SP) Toraja Utara, Yakub Pongsendana beserta Sekertaris dinas, Anugerah Yaya Rundupadang.

Pada peninjauan penanaman sayur-sayuran, cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih serta berbagi jenis tanaman lain itu disempatkan Kalatiku memantau langsung.

Ia berharap, tanaman hortikultura sangat penting dikembangkan dalam situasi masalah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

"Saya memandang penanaman ini sangat perlu pada masalah Covid-19 ini, kita siapkan holtikultura sebagai dukungan untuk dikonsumsi dan memperkuat tubuh dalam melawan virus Corona ini," ujar Kalatiku, Sabtu (30/3/2020) siang.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan meninjau lokasi percontohan perkebunan Hortikultura di Kelurahan Balele Kecamatan Rantepao.  foto Anugerah Yaya Rundupadang
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan meninjau lokasi percontohan perkebunan Hortikultura di Kelurahan Balele Kecamatan Rantepao. foto Anugerah Yaya Rundupadang (Anugerah Yaya Rundupadang)

Sehingga itu, sebagai orang nomor satu di Kabupaten Toraja Utara itu meminta jajaran pegawai Dinas Pertanian dan kelompok tani agar membuat demplok percontohan tanaman holtikultura.

"Seperti yang saya tinjau ini, akan menjadi contoh setiap kecamatan yang melakukan pula percontohan tanaman yang dikonsumsi sehat," jelasnya.

Lanjut Kalatiku, kenyataan saat ini hanya 35 persen kebutuhan pokok dari dalam daerah dikonsumsi warga Toraja Utara, bahkan 65 persen dari luar daerah.

"Karena itu saya minta gencarkan kembali gerakan penanaman ini dan diharapkan kemandirian kita di holtikultura sehingga bisa kembali seperti waktu lalu," terangnya.

Bupati Kalatiku berharap di pertengahan April 2020, sudah bisa dipetik hasil perkebunan holtikultura di Balele ini dan diharapkan warga lain mengambil peluang memanfaatkan potensi lahan menjadi tanaman.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved