Toraja Lawan Corona

Minimalisir Penyebaran Covid-19, AMAN Toraya Imbau Warga Tidak Gelar Adat dan Tetap di Rumah

Pengurus Daerah AMAN Toraya mengambil sikap dan langkah pencegahan, sekaligus meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19).

facebook Romba
Ketua AMAN Toraya, Romba Marannu Sombolinggi. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Toraya mengambil sikap dan langkah pencegahan, sekaligus meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19).

Hal itu diungkapkan Ketua AMAN Toraya, Romba Marannu Sombolinggi dalam sebuah surat edaran diterbitkan berdasarkan surat imbauan pemerintah pusat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dan ditetapkan sebagai bencana nasional.

Kata Romba, berdasarkan surat edaran Sekjen AMAN tentang intruksi merespon perkembangan penyebaran Covid-19, serta dimana Kota Makassar dinyatakan sebagai zona merah atau daeah transmisi lokal.

Sehingga, daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan sangat rawan menjadi daerah endemis termasuk Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

"'Maka itu kami mengambil langkah dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah Toraja," ujar Romba, Sabtu (28/3/2020) siang.

Dikatakan terpenting mengimbau warga Toraja agar melakukan penyemprotan disinfektan di rumah sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Lanjut Romba, warga dapat bersikap kooperatif dalam hal pihak Satgas Covid-19 dari pemerintah daerah akan melakukan pengecekan kesehatan atau pengecekan dini untuk antisipasi penyebaran.

"Agar tidak mengelar kegiatan yang melibatkan massa cukup banyak seperti acara adat seperti Rambu Tuka, Rambu Solo, siarak, siallo, sitet'te dan menunda kegiatan sudah dijadwalkan sampai situasi memungkinkan," ucapnya.

Lanjutnya agar warga tetap memantau perkembangan situasi dan mengikuti arahan pemerintah dengan banyak berdiam diri di rumah serta mengurangi aktifitas kesehariannya sepanjang bencana Covid-19 belum redah.

Menurut Romba, memperbanyak waktu di rumah merupakan langkah yang tepat untuk membantu penyebaran virus Corona ditengah keramaian warga.

"Kami harap agar warga dapat membantu menyebarkan informasi imbauan dari AMAN Toraya kepada seluruh keluarga dan masyarakat Toraja," tutupnya. (*)

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved