Kadin Sulsel

Ketua Kadin Sulsel Minta BI dan OJK Berikan Kelonggaran Kredit bagi Korporasi

Andi Iwan berharap Bank Indonesia (BI) dan OJK segera mengimplemantasikan kebijakan tersebut di lapangan.

Abd Azis Alimuddin/Tribun Timur
Ketua Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menyambut baik dan mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera memberikan kelonggaran atau relaksasi kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk nilai kredit di bawah Rp 10 miliar.

Andi Iwan berharap Bank Indonesia (BI) dan OJK segera mengimplemantasikan kebijakan tersebut di lapangan.

"Agar ini tidak hanya dianggap sebagai wacana kebijakan pemerintah saja, tetapi betul-betul dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM di lapangan," katanya.

Hal ini disampaikan langsung Andi Iwan saat melakukan koordinasi dengan Direktur Bank Indonesia Wilayah Sulsel Endang Kurnia Saputra, melalui telekonferensi, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, kebijakan itu sangat tepat di tengah kondisi perekonomian yang kurang stabil sebagai dampak dari pandemi virus corona (Covid-19) yang juga mewabah di Indonesia, termasuk di Sulsel.

Apalagi, sejumlah UMKM di Sulsel mulai merasakan dampaknya.

"Misalnya kita lihat contoh yang paling kecil, driver ojol atau Grab, Gojek, dan lainnya. Banyak yang mengambil pinjaman untuk cicilan motor atau mobil dan membuka usaha.

Lantas kemudian dengan adanya virus corona ini, tentunya mereka akan terbatas dalam mendapatkan pemasukan. Baik itu, untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi memenuhi kewajiban membayar cicilan," ujarnya.

Meski demikian, AIA, sapaan khas Andi Iwan Darmawan Aras, pada kesempatan ini, menyampaikan kepada perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sulsel agar pemberian stimulus tersebut diperluas dan juga diberlakukan bagi pelaku korporasi atau usaha besar serta industri.

Dengan begitu, insentif tidak hanya diberikan kepada sektor tertentu. Pasalnya, dampak pandemi virus corona juga sangat dirasakan para pelaku usaha besar dan industri.

Halaman
1234
Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved