Sulawesi Barat Lawan Virus Corona

Gubernur Sulbar Terbitkan Surat Tutup Akses Angkutan Umum ke Sulbar dari Makassar

Surat tersebut menekankan lima poin dan ditembuskan ke Menteri Perhubungan, Gubernur Sulsel, Gubernur Sulteng, Gubernur Kaltim DPRD Sulbar, Kapolda Su

TRIBUN TIMUR/NURHADI
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) 

TRIBUN-TIMUT.COM, MAMUJU -- Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar kembali terbitkan surat pengamanan wilayah dalam rangka pencegahan virus corona atau Covid-19.

Surat tersebut agar pandemi virus corona tak meluas hingga ke Sulbar, Jumat (27/3/2020).

Surat tersebut menekankan lima poin dan ditembuskan ke Menteri Perhubungan, Gubernur Sulsel, Gubernur Sulteng, Gubernur Kaltim DPRD Sulbar, Kapolda Sulbar, Kejati Sulbar dan Danrem 142 Tatag.

Berikut isi surat pengamanan wilayah Gubernur Sulbar di tengah wabah Covid-19:

Menyusul surat kami nomor 3400/642.1a/llI/2020 tanggal 24 Maret 2020 perihal Pembatasan Pergerakan Orang di Sulawesi Barat dan mencermati penyebaran Corona Virus Diesease (Covid-19) di wilayah Sulawesi Barat, serta mempertimbangkan saran dan masukan dari anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA)
Provinsi Sulawesi Barat, maka sehubungan dengan hal tersebut kami memerintahkan kepada Bapak/lbu untuk:

1. Menghentikan sementara kegiatan operasi pelayanan semua angkutan Bus
dan angkutan umum lainnya dari kota Makassar ke wilayah Sulawesi Barat
atau melalui wilayah Sulawesi Barat menuju wilayah lain sejak tanggal 28
Maret 2020 hingga situasi kembali kondusif.

2. Jika sekiranya tidak dapat menghentikan sementara operasi layanan angkutan umum orang karena kondisi yang tidak dapat dihindari, maka diharuskan memberlakukan Standar Protokol Kesehatan bagi pengemudi,
awak bus dan penumpang terutama memastikan penyemprotan kendaraan
dengan cairan disinfektan baik di dalam kabin maupun di luar kabin. Mengarahkan penumpang cuci tangan dengan sabun, jaga jarak antar penumpang serta pengukuran suhu tubuh yang apabila ditemukan melebihi
batas suhu di atas 37°C dilarang untuk ikut serta di dalam perjalanan bus angkutan dimaksud.

3. Diharapkan kepada pihak penyelenggara pelabuhan baik pelabuhan umum, pelabuhan khusus/terminal khusus dan pelabuhan penyeberangan Fery rute Mamuju - Balikpapan dan sebaliknya Balikpapan - Mamuju serta pelabuhan rakyat, baik yang diusahakan maupun tidak, pelaku usaha angkutan pelabuhan/perusahaan bongkar muat di pelabuhan untuk menghentikan sementara seluruh aktivitas di pelabuhan hingga situasi kembali kondusif dan dinyatakan aman.

4. Angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina
diharapkan dapat dipastikan telah melakukan pembersihan/penyemprotan
cairan disinfektan pada kendaraan angkutannya serta memberlakukan Standar Protokol Kesehatan pada sopir dan awak kendaraan jika hendak melalui wilayah Provinsi Sulawesi Barat,
termasuk Angkutan barang/Logistik lainnya.

5. Agar Bupati Pasangkayu segera mengambil langkah-langkah pencegahan
termasuk melakukan Posko Pengawasan dan Pengamanan kendaraan yang melintasi wilayahnya dan menerapkan Standar Protokol Kesehatan, demikian pula kepada para Bupati lainnya untuk mengambil langkah-langkah dalam rangka antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 dan berkoordinasi dengan Forkopimda kabupaten masing-masing.

Partisipasi dan kerjasama Bapak/lbu untuk memberhentikan pelayanan umum
dan menerapkan Standar Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan demi keselamatan bersama dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Dieseas (Covid-19) di wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan partisipasi kerjasama Bapak/lbu
diucapkan terima kasih.

Ilustrasi. Penanganan pasien Virus Corona atau Covid-19 di Korea Selatan.
Ilustrasi. Penanganan pasien Virus Corona atau Covid-19 di Korea Selatan. (SHUTTERSTOCK)

Surat gubernur Sulbar ditujukan kepada pada Bupati se Sulbar, Danlanal Mamuju, para Kapolres se Sulbar, para Dandim se Sulbar, Kepala BPTD Wilayah IX Sulbar, GM Pertamina Wilayah Sulbar, Kepala ASDP Mamuju, para UPP Pelabuhan se Sulbar, Direktur Angkutan Barang dan To Laut PT Pelni.

Koordinator Penyeberangan Pelabuhan Fery Mamuju, Kepala Satpel Terminal Tipe A Simbuang Mamuju, Ketua Organda Sulbar, Sulsel, Sulteng, para pelaku usaha angkutan umum, para ageng perjalanan wisata dan kepala kantor kesehatan Pelabuhan Mamuju.(tribun-timur.com).

Penulis: Nurhadi
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved