Bilik Penyemprotan Disinfektan

VIDEO: Bilik Penyemprotan Disinfektan untuk Tangkal Covid-19 Karya Mula Project

Sejumlah pemuda di Enrekang yang tergabung dalam gerakan sosial Mula Project membuat alat kreatif untuk tangkal virus Covid-19.

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Merebaknya wabah virus corona, membuat sejumlah pemuda di Enrekang yang tergabung dalam gerakan sosial Mula Project membuat alat kreatif untuk tangkal virus Covid-19.

Mereka membuat bilik penyemprotan desinfektan otomatis untuk menangkal virus Covid-19 yang diberi nama Bideta.

Bideta adalah akronim dari Bilik Disinfektasi Tangkal Corona. Diberi nama Bideta karena memilki makna kedaerahan yang berarti dinding kita untuk bersama menangkal corona.

Melalui bilik otomatis tersebut, masyarakat dapat disemprotkan cairan disinfektan dengan mudah ke seluruh tubuh tanpa harus menggunakan tangki penyemprot.

Dengan menggunakan alat itu warga yang ingin masuk ke sebuah kantor atau rumah cukup masuk ke alat Bideta itu dan secara otomatis akan disenprotkan cairan disinfektan yang telah disiapkan dalam tangki penyimpan.

Menurut salah satu pembuat alat tersebut, Yusman (26), proses pembuatan alat tersebut cukup mudah, hanya membutuhkan waktu selama dua hari.

Dengan menggunakan bahan besi holo sebagai kerangka dan plastik UV sebagai dinding.

Selain itu, alat penyemprotennya menggunakan nozle 0,2 mm dan konektor serta pompa air DC 12 cc dan ember sebagai bak penampungan cairan disinfektan.

"Kita pilih plastik UV karena anti bakteri, kemudian pakai besi sebagai rangka agar ketahananya kuat dan pakai nozle 0,2 mm supaya serbuk airnya lebih halus, airnya yang keluar tidak terlalu deras dan membuat basah," kata Yusman.

Sementara salah satu pembuat alat itu juga, Farid (25), mengatakan anggaran yang dibutuhkan untuk membuat alat itu senilai Rp 2,8 juta.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved