Psikolog Unhas Lawan Corona

Tips Hadapi Stres Pandemi Corona dari Psikolog Unhas Umniyah Saleh

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir potensi penularan Covid-19. Namun, tak banyak masyarakat yang merasa bosan hingga stres saat berada di ruma

Tips Hadapi Stres Pandemi Corona dari Psikolog Unhas Umniyah Saleh
Dok. Pribadi
Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas), Umniyah Saleh

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Maraknya pandemi virus corona membuat pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan sosial atau social distancing.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir potensi penularan corona. Namun, tak banyak masyarakat yang merasa bosan hingga stres saat berada di rumah saja.

Kepada tribun-timur.com, Kamis (26/3/2020), Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas), Umniyah Saleh, berbagi tips menghadapi stres di tengah situasi pandemi corona.

Terdapat tujuh tips menghadapi stres di tengah situasi pendemi corona itu ia beri nama "INSIGHT".

Berikut isi lengkap tipsnya:

1. Isilah Hari-Hari Anda dengan Kegiatan yang Positif dan Menyenangkan.

Susunlah aktivitas harian anda dengan kegiatan yang menyenangkan serta luangkan waktu untuk melakukan hobi anda. Salah satu pemicu stres selama pandemi Covid-19 ini adalah munculnya rasa bosan serta berubahnya pola aktivitas harian akibat penerapan “Social-distancing”.

Sehingga penting bagi anda untuk tetap mengisi hari dengan aktivitas yang bermanfaat. Merawat tanaman, membaca buku, menulis, memasak, adalah sejumlah pilihan aktivitas yang dapat anda terapkan.

2. Netralkan Ketegangan atau Reaksi Fisik yang Muncul Akibat Stres Melalui Relaksasi.

Saat stres, sejumlah reaksi fisik akan bermunculan, seperti dada terasa sesak, napas terasa lebih cepat dan tidak teratur, otot kaku, mual dan sebagainya. Relaksasi pernapasan dan relaksasi otot dapat anda terapkan untuk membuat tubuh anda menjadi lebih rileks.

Halaman
123
Penulis: Rudi Salam
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved