Pilwali Makassar

Pakar Ilmu Pemerintahan Sebut Appi-ARB Saling Menguatkan

Kandidat Calon Wali Kota Makassar, Munafri 'Appi' Arifuddin santer terdengar bersanding dengan Abdul Rahman Bando (ARB).

muh fadhly ali/tribun-timur.com
Suasana Ngobrol Politik (Ngopi) bareng Komunitas Pewarta Politik Sulsel di Cafe Res_Publica, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin (23/3/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kandidat Calon Wali Kota Makassar, Munafri 'Appi' Arifuddin santer terdengar bersanding dengan Abdul Rahman Bando (ARB) di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2020.

Pakar Ilmu Pemerintahan Universitas Hasanuddin (Unhas), Jayadi Nas menilai, ARB layak berpasangan dengan Appi.

"Pasangan ini saling menguatkan. Pengalaman ARB selama 22 tahun sebagai birokrat Pemot Makassar lebih dari cukup untuk membantu Appi menjalankan pemerintahan dengan cemerlang sekira terpilih nanti," kata Jayadi di sela Ngobrol Politik (Ngopi) bareng Komunitas Pewarta Politik Sulsel di Cafe Res_Publica, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin (23/3/2020).

Berarti ARB sangat paham titik-titik mana yang perlu diperbaiki agar roda pemerintahan kota menjadi lebih baik.

Jayadi menjabarkan karier biroktar ARB. Adik Bupati Enrekang Muslimin Bando itu mengawali kariernya di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sejak 1998 sampai 2011.

Doktor bidang ilmu lingkungan alumnus Universitas Brawijaya ini juga pernah menjabat sebagai kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Makassar di era wali kota Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan kepala Dinas Pendidikan di era wali kota Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Terakhir ia menjabat sebagai kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar. Jabatan yang sudah diembannya selama 7 tahun sejak era IAS sampai era Plt Wali Kota M Iqbal Suhaeb.

“Tentu dia lebih tahu dibandingkan yang lain, dalam hal kondisi masyarakat wilayah pesisir. Beliau juga memiliki modal sosial yang baik. Jadi pasangan ini saling melengkapi dalam konteks elektoral dan kapabilitas,” tuturnya.

Guru Besar ekonomi dari Unhas, Prof Muhammad Asdar sependapat. Menurutnya, pasangan ini bentuk keterpaduan yang sinergi antara Appi sebagai pengusaha dan ARB sebagai birokrat.

“Pasangan yang sangat sinergi. Satu pengusaha dan satu birokrat sehingga saling melengkapi. Dan secara objektif, dari segi ilmiah, pasangan ini memenuhi syarat-syarat untuk menang,” ujar Asdar.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved