Pilkada 2020

4 Tahapan Ditunda, Bappilu Demokrat Sulsel: Kalau Perlu Pilkada Juga

KPU RI resmi menunda empat tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada Serentak) 2020.

hasim
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Demokrat Sulawesi Selatan Selle KS Dalle 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) resmi menunda empat tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada Serentak) 2020.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Selle KS Dalle sangat setuju dengan keputusan KPU tersebut.

"Langkah menunda sejumlah tahapan pilkada, sebagai respon atas perkembangan terkini penyebaran wabah Corona itu sudah cocok," katanya via pesan WhatsApp, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, saat ini yang jadi pegangan bersama adalah prinsip filosofi keselamatan rakyat.

"Adalah salus populi suprema lex yang artinya, adalah keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi," katanya.

Bahkan hari Pilkada Serentak 23 September mendatang bergeser mundur sekalipun.

"Kalau itu adalah pilihan yang paling tepat demi menempatkan kepentingan umum di atas segalanya, tidak ada masalah bagi kami parpol peserta pemilukada," ujar ketua Komisi DPRD Sulsel itu.

"Mungkin anggaran yang sedemikian besar sebelumnya dialokasikan untuk perhelatan Pilkada bisa dialihkan untuk penanggulangan virus Corona termasuk dalam penanganan dampak sosial ekonomi wabah Corona dalam jangka pendek dan menengah," katanya.

"Makanya, ini bergantung perkembangan situasi, akan tetapi kalau menunda hari H adalah pilihan terbaik pun, bagi kami tidak ada masalah," lanjutnya.

Seperti diketahui, empat tahapan Pilkada Serentak yang ditunda yakni, pelantikan dan masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi syarat dukungan calon perseorangan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved