Salat Jumat di Wajo

Salat Jumat Tetap Digelar di Wajo, Ini Pertimbangan MUI Wajo dan Pemkab

Rektor Institut Agama Islam (IAI) As'adiyah Sengkang itu beralasan, Kabupaten Wajo hingga saat ini masih berstatus aman dan belum ditemukan kasus Covi

Salat Jumat Tetap Digelar di Wajo, Ini Pertimbangan MUI Wajo dan Pemkab
Hardiansyah Abdi Gunawan/Tribun Timur
Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Wajo, Muhammad Yunus Pasanreseng Andi Padi. 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Pelaksanaan salat Jumat di Kabupaten Wajo tetap dilaksanakan di tengah pandemik virus corona atau Covid-19.

Meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa bahwa salat Jumat diganti dengan salat zuhur di rumah masing-masing.

"Pelaksanaan ibadah baik salat berjamaah maupun salat Jumat tetap dilaksanakan seperti biasa, namun diharapkan kepada jamaah agar membawa perlengkapan salat sendiri," kata Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Wajo, Muhammad Yunus Pasanreseng Andi Padi, Jumat (20/3/2020).

Rektor Institut Agama Islam (IAI) As'adiyah Sengkang itu beralasan, Kabupaten Wajo hingga saat ini masih berstatus aman dan belum ditemukan kasus Covid-19 baik Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawan (PDP).

Lebih lanjut, diharapkan kepada masyarakat yang kurang enak badan, atau yang mengalami gejala seperti batuk, pilek, sesak napas, atau deman untuk beribadah di rumah saja.

" Kita tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dengan cara senantiasa mencuci tangan dan berwudu serta menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan munculnya penyebaran Virus Corona," katanya.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud berharap kepada masyarakat Kabupaten Wajo agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran virus corona dapat dicegah.

"Laksanakan aktivitas ibadah seperti biasa dengan tetap waspada dan saling mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan," katanya.

Fatwa perihal pelaksanaan salat Jumat diganti dengan salat dhuhur di rumah masing-masing tertuang dalam Fatwa MUI No 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi Terjadi Wabah Covid-19. (*)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

 
Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved