Sinjai Lawan Corona

Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUD Sinjai Kekurangan APD

APD tersebut merupakan perlengkapan wajib bagi dokter dan tenaga medis, yang menangangi pasien yang terindikasi virus corona.

Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUD Sinjai Kekurangan APD
TRIBUN TIMUR/SYAMSUL BAHRI
Gedung RSUD Sinjai, Jl Jenderal Sudirman Sinjai. (SAMBA) 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Sejumlah rumah sakit rujukan corona di Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami kekurangan Alat Pelindung Diri (APD).

APD tersebut merupakan perlengkapan wajib bagi dokter dan tenaga medis, yang menangangi pasien yang terindikasi virus corona.

Salah satu rumah sakit yang menjadi pusat rujukan di wilayah bagian selatan Sulsel adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

Namun, APD di rumah sakit yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara itu, juga mengalami kekurangan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur RSUD Sinjai, dr Amaluddin, saat dikonfirmasi Tribun Timur melalui panggilan telepon, Jumat (20/3/2020) sore.

"Termasuk kami juga kekurangan APD. Seharusnya, dalam satu hari, untuk semua petugas yang masuk dalam gedung isolasi semestinya 114 baju APD satu kali pakai. Sementara kita punya persediaan hanya 50, jadi seharipun tidak cukup sebenarnya," jelas dr Amaluddin.

dr Amaluddin membeberkan, bahwa bukan hanya RSUD Sinjai, 152 rumah sakit rujukan corona lainnya, bisa jadi mengalami kondisi yang sama.

Kecuali rumah sakit rujukan yang ada di Jakarta, seperti Rumah Sakit Persahabatan, Gatot Subroto, maupun Rumah Sakit Pusat Infeksi.

Pihaknya, lanjut dia, telah melakukan upaya permintaan ke Dinas Kesehatan Sinjai, Dinkes Provinsi Sulsel, hingga Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Namun hingga saat ini belum ada respon yang nyata atas permintaan APD tersebut.

"Sampai saat ini belum ada, baru dari Dinkes Kabupaten ada bantuan masker 200 biji," tambahnya. (TribunSinjai.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi, IG: @arisandifirki

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

 
Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved