Baca Novel Anak Dara Mulampekke, Dosen Sastra UIN Alauddin Makassar Menangis

Dr Rosma Tami SAg MSc MA mengaku meneteskan air mata saat membaca novel Anak Dara Mulampekke karya Mutmainnah Syam

Desi Triana
Penulis novel, Mutmainnah Syam menyerahkan plakat kepada Dosen Sastra Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr Rosma Tami SAg MSc MA yang menjadi narasumber di launching sekaligus bedah novel di LT Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jl HM Yasin Limpo, Kamis (12/3/2020). 

TRIBUNTIMURWIKI.COM- Dosen Sastra Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr Rosma Tami SAg MSc MA mengaku meneteskan air mata saat membaca novel Anak Dara Mulampekke karya Mutmainnah Syam.

Hal itu diungkapkannya saat bedah novel Anak Dara Mulampekke di LT Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jl HM Yasin Limpo, Kamis (12/3/2020).

Buku tersebut berhasil membuatnya mengingat masa-masa saat ia menempuh pendidikan kuliah di Kota Makassar.

"Novel ini berhasil menculik jiwa saya dan membuat saya nostalgia akan masa-masa kuliah dulu," tuturnya.

Ia mengatakan, sang penulis Mutmainnah Syam menghadirkan perasaan dan suasana dari teknik penulisan yang sangat mudah dipahami.

"Menurut saya ini karya sastra populer walaupun bukan tinggi namun bunya kehebatan narasi," terangnya.

Dari prespektif sastra, Dr Rosma Tami mengatakan meski novel ini masih memiliki beberapa kekurangan dalam segi penulisan namun memiliki ciri khas tersendiri.

"Terlihat dari gaya bahasa yang digunakan, menggunakan logat Bugis Makassar. Bagi pembaca Sulsel ini pasti mudah di cerna," jelasnya.

Ia juga menyebutkan novel tersebut mampu menculik jiwanya untuk masuk ke dalam suasana yang diciptakan penulis.

"Karangan fiksi yang saya sebut sastra populer mudah dibaca dan mudah di mengerti, terlebih membahas budaya yang begitu dekat dengan kita," tuturnya.

Untuk diketahui, launching novel Anak Dara Mulampekke dirangkaikan dengan bedah buku sekaligus yang dilatar belakangi pergeseran budaya bugis LT Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jl HM Yasin Limpo, Kamis (12/3/2020).

Halaman
12
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved