Cegah Penyebaran Corona

Mendikbud Nadiem Instruksikan Kepsek Sediakan Sarana CTPS, Tisu, dan Larang Salaman di Sekolah

Sekolah juga diminta memberikan izin kepada siswa dan guru yang sakit untuk tidak masuk sekolah.

Tribunnews
Nadiem Makarim 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengimbau kepada para kepala dinas pendidikan dan kepala sekolah di seluruh Indonesia melakukan langkah-langkah mencegah berkembangnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan.

Imbauan ini juga berlaku untuk para kepala lembaga layanan pendidikan tinggi dan pimpinan perguruan tinggi.

Mendikbud meminta agar pihak sekolah memastikan ketersediaan sarana untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tisu) di berbagai lokasi strategis di satuan pendidikan.

Selain itu, pastikan warga satuan pendidikan menggunakan saranan CTPS (minimal 20 detik) dan pengering tangan sekali pakai sebagaimana mestinya, dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) lainnya.

Stok Gula Pasir Kosong di Bulog Wajo

KABAR BAIK 3 Pasien Virus Corona di Indonesia Dinyatakan Sembuh dan Boleh Pulang

Instruksi Mendikbud tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan.

Nadiem juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di lingkungan Kemendikbud.

“Surat edaran ini dikeluarkan sehubungan dengan perkembangan penyebaran Covid-19,” tegas Nadiem melalui rilis yang dikirimkan Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud A Erlangga M MSi ke tribun-timur.com, Kamis (12/3/2020).

Nadiem menyampaikan bahwa Surat Edaran yang dikeluarkannya itu adalah panduan dalam menghadapi penyakit tersebut di tingkat satuan pendidikan.

“Kita bergerak bersama untuk bisa lepas dari situasi ini,” kata Nadiem di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Mendikbud juga menginstruksikan untuk segera mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau unit layanan kesehatan di perguruan tinggi dengan cara berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan setempat dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Halaman
123
Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved