Pilwali Makassar

Penentuan Usungan Demokrat di Pilwali Makassar Setelah Kongres

Sebanyak tiga kandidat telah mengantongi kursi parlemen di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2020.

hasim
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Selle KS Dalle. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak tiga kandidat telah mengantongi kursi parlemen di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2020.

Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto 11 kursi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Golkar, Irman Yasin Limpo 'None' 6 kursi, Deng Ical 6 kursi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Artinya menyisakan 28 kursi. Partai Demokrat dan Partai Demorasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masing-masing 6 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masing-masing 5 kursi.

Selain itu, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 3 kursi, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 2 kursi dan Partai Berkarya 1 kursi.

Salah satu partai dengan kursi tertinggi adalah Demokrat.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Selle KS Dalle mengatakan, penentuan usungan nanti setelah Kongres Partai Demokrat.

"Rencananya digelar 14-16 Maret di Jakarta. Sekarang ini masih tahap penjaringan," kata Selle yang dihubungi, Selasa (10/3/2020).

Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) Demokrat, Abdi Asmara menambahkan, proses penjaringan melalui pendaftaran di DPC.

"Selanjutnya DPC akan menyerahkan berkas yang mendaftar. Ada 13 namaa dibawa ke DPD untuk fit and proper test," kata Abdi via pesan WhatsApp.

Rencananya uji kelayakan dan kepatutan digelar April. "Setelah kongres kita gelar. Setelah tahapan seleksi akan melangkah lagi pada tahap usulan/pengajuan calon usungan ke DPP," katanya.(*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @fadhlymuhammad

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved