Tenaga Kerja Mamasa

Obednego Sebut Lapangan Kerja Minim, Tenaga Kerja Mamasa Banyak ke Luar Daerah

Minimnya lapangan kerja membuat sebagian masyarakat Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat terpaksa mengais rezeki di luar daerah.

Semuel/Tribunmamasa.com
Anggota DPRD Sulawesi Barat Obednego Depparinding disela hearing dialog yang digelar di salah satu kafe & resto di Tanete Bela, Kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa, Sabtu (7/3/2020) malam. 

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA - Minimnya lapangan kerja membuat sebagian masyarakat Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat terpaksa mengais rezeki di luar daerah.

Demikian diutarakan Mantan Bupati Mamasa, Obednego Depparinding yang saat ini menjabat sebagai Anggoata DPRD Sulawesi Barat.

Hal itu ia sampaikan pada acara hearing dialog yang digelar di salah satu kafe & resto di Tanete Bela, Kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa, Sabtu (7/3/2020) malam.

Obednego menyebutkan, minimnya lapangan kerja menyebabkaan kebanyakan warga Mamasa memilih bekerja di luar daerah sebagai buruh bangunan, peternakan ayam, dan buruh tani.

Padahal kata dia, di Mamasa memiliki banyak potensi mulai dari pariwisata hingga pertanian.

Untuk bisa menciptakan lapangan kerja tanpa harus ke luar daerah, Obednego menegaskan masyarakat tidak seharusnya hanya mengharapkan bantuan pemerintah.

Tetapi, menurut dia, seharusnya masyarakat bisa menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dengan cara bertani.

Hanya saja menurut dia, masyarakat butuh bimbingan dan pembinaan dari pemerintah untuk bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri.

"Lewat pertanian itu kita bisa menciptakan lapangan kerja, mislnya membajak sawah menanam padi dan berkebun dengan menanam tanaman hortikultura," jelasnya.

Seharusnya, kata dia, pemerintah bisa melihat potensi yang dimiliki oleh setiap masyarakat di desa.

Halaman
12
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved