Virus Corona

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Dinkes Sulbar Benahi Fasilitas Rumah Sakit

Presiden Jokowi mengeluarkan pernyataan bahwa dua warga negara Indonesia asal Depok, Jawa Barat, positif virus corona.

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Dinkes Sulbar Benahi Fasilitas Rumah Sakit
nurhadi/Tribunsulbar.com
Kadis Kesehatan Pemprov Sulbar dr Muhammad Alif 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan pernyataan bahwa dua warga negara Indonesia asal Depok, Jawa Barat, positif virus corona.

Pernyataan resmi pemerintah yang disampaikan kepala negara tentang virus mematikan ini, menimbulkan kekhawatiran luas di masyarakat. Hingga terjadi kelangkaan masker sebagai alat yang dianggap bisa mencegah virus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, dr Muhammad Alif mengimbau warga agar tak perlu panik namun tetap waspada merespon keadaan saat ini.

"Sebenarnya masyarakat tidak perlu panik, sikapi dengan wajar-wajar saja, tetap jaga kebersihan saja itu sudah normatif. Karena kalau kita mau melarang kemana-mana kan sulit juga, negara kita kan terbuka sekali," kata dr Alif saat dihubungi Tribunsulbar.com, Selasa (3/3/2020).

Ia menyarankan masyarakat tak perlu meninggalkan tempat kalau tidak terlalu perlu untuk menghindari kemungkinan terburuk.

"Setiap diri harus menjaga diri dan keluarga, karena kita pemerintah juga sudah melakukan langkah-langkah antisipatif," tuturnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah melalui perangkatnya telah berusaha mengantisipasi kemungkinan terburuk jika sampai virus corona mewabah ke daerah termasuk di Sulbar.

"Antisipasi anggaran sudah kita lakukan. Kita sudah pikirkan anggaran mana yang bisa kita gunakan kalau itu terjadi. Sekarang saya sudah koordinasi dengan pimpinan bersama staf saya dan tiap-tiap kabupaten," kata mantan kadis Kesehatan Kabupaten Pasangkayu itu.

Dia mengatakan, sejak awal merebaknya virus corono di negeri Tirai Bambu jukukan China pihaknya sudah mulai melakukan antisipasi.

Termasuk membenahi fasilitas rumah sakit dan menghadirkan orang-orang kompeten. Bahkan telah menyiapkan ruangan isolasi di RSUD jika kemungkinan terburuk terjadi.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved