Tribun Toraja

Sanggar Tari Kinawa Juara Satu Lomba Festival Budaya di Barru

Keberhasilan Sanggar Tari Kinawa tidak terlepas dari kesetiaan koreografer muda asal Toraja yakni, Novita Lepong, akrab disapa Vita.

Sanggar Tari Kinawa Juara Satu Lomba Festival Budaya di Barru
Novita Lepong
Koreografer muda asal Toraja, Novita Lepong dan penari serta pemusik Sanggar Tari Kinawa raih juara 1 kategori penyaji terbaik dan memegang piala bersama. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Sanggar Tari Kinawa, meraih juara satu di Festival Budaya To Berru di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Minggu (23/2/2020).

Sanggar Tari Kinawa beranggotakan sebanyak 15 orang.

Keberhasilan Sanggar Tari Kinawa tidak terlepas dari kesetiaan koreografer muda asal Toraja yakni, Novita Lepong, akrab disapa Vita.

Sanggar Tari Kinawa berhasil juara 1 kategori penyaji terbaik dengan tari kontemporer bertema 'Mangriu Batu', yang diperagakan dihadapan banyak penonton.

Mangriu’ batu merupakan salah satu bagian dari prosesi upacara pemakaman atau Rambu Solo.

Novita Lepong mengatakan, alasan memilih tema tersebut karena terinspirasi dari kebersamaan dan kerjasama orang Toraja yang sangat erat.

"Jadi saya cari tema yang lebih menggambarkan kebersamaan atau kerjasama orang Toraja dalam kegiatan apapun itu, baik keadaan duka atau suka cita," ujarnya, Senin (24/02/2020) sore.

Menurut Vita, saat ini dilihatnya sudah jarang di Toraja melakukan kerjasama dalam mengangkat batu secara manual.

Bahkan menggunakan teknologi modern sehingga tradisi itu perlahan menghilang.

"Di karya ini, saya ingin mengingatkan kembali bahwa ternyata ada tradisi kita sangat menarik, bahkan menggambarkan kebersamaan dan kerjasama yang kuat," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved