Ganjar Pranowo

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dipuji karena Bertindak Cepat Tangani Kasus Perundungan Purworejo

Respon cepat penanganan korban perundungan di Purworejo, Jawa Tengah mendapat apresiasi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dipuji karena Bertindak Cepat Tangani Kasus Perundungan Purworejo
HUMAS SETPROV JATENG
Gubernur Jawa Tengah ( Jateng ), Ganjar Pranowo 

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM - Respon cepat penanganan korban perundungan di Purworejo, Jawa Tengah mendapat apresiasi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI ).

Menurut Komisioner KPAI Retno Listyarti tindakan cepat Gubernur Jawa Tengah ( Jateng ), Ganjar Pranowo merupakan hal yang tepat dilakukan.

Selain itu Ganjar Pranowo juga membentuk tim khusus yang terdiri dari berbagai kalangan termasuk aktivis difabel untuk turut menangani kasus ini.

Hal ini agar kasus serupa tak lagi terulang.

Retno menjelaskan sejak 2011 hingga 2019 kasus perundungan yang terjadi memang naik turun. Bahkan hingga saat ini kasus yang diketahui cenderung menurun, namun sayangnya pelaku semakin sadis.

"Saya pribadi mengapresiasi bahwa tindakan cepat itu adalah sesuatu yang jarang terjadi di negeri ini. Artinya ketika seorang kepala daerah, sebab saya berteman di media sosial dengan pak Ganjar. Saya ikut membaca, dan saya memang ikut di-add, dan oleh yang bersangkutan juga di-tag. Lalu pak Ganjar respons begitu cepat,” ujarnya dalam siaran pers Setprov Jateng, Jumat (21/2/2020).

Bukan hanya dari Ganjar Pranowo, respon cepat itu juga dilakukan oleh dinas terkait yang diminta Ganjar Pranowo untuk menyelesaikannya.

Tindakan cepat ini menurutnya memang tak lepas dari kapasitas Ganjar Pranowo sebagai seorang gubernur.

Meski sempat ada pihak yang mempertanyakan kapasitasnya ikut menangani kasus ini sebab peristiwa ini terjadi di SMP yang berada di bawah kewenangan bupati.

"Saya hanya bilang, ini yang terjadi di anak saya, ini yang terjadi di wilayah saya dan ini viral di mana-mana, dan semua orang menangis karena persoalan ini," ujar Ganjar Pranowo.

"Ini soal bagaimana siapa harus merespons cepat seperti apa," katanya menegaskan.

Ganjar Pranowo menjelaskan, bahwa pihaknya memang segera bertindak cepat agar kasus cepat tertangani. Pihaknya juga mencari hal-hal yang berkaitan dengan sekolah, dan korban secara detail.

Termasuk berkoordinasi dengan kepolisian, mencari informasi tentang keluarga, orang tua, latar belakang ketiga pelaku, dan lainnya.

Ganjar mengatakan tak bisa tinggal diam melihat adanya kasus perundungan di wilayahnya. Pihaknya juga telah menyiapkan tim yang penuh dan komprehensif.

“Paksakan sekolah-sekolah sekarang untuk bisa menerima anak-anak kita yang berkebutuhan khusus, perbaiki SLB-SLB (sekolah luar biasa) kita, siapkan semua metodenya, anggarannya. Sekarang inilah momen untuk memperbaiki," ujarnya.(rilis)

Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved