Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik

Wakil Ketua DPD 1 Golkar Risman Pasigai Terancam 4 Tahun Penjara

Ancaman ini sebagaimana pasal yang dikenakan terdakwa yakni pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik seseorang.

Abd Azis
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 1 Partai Golongan Karya (Golkar) Sulawesi Selatan, Risman Pasigai 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 1 Partai Golongan Karya (Golkar) Sulawesi Selatan, Risman Pasigai terancam empat tahun penjara atas kasus dugaan pencemaran nama baik eks Bendahara Golkar Rusdin Abdullah.

Ancaman ini sebagaimana pasal yang dikenakan terdakwa yakni pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik seseorang.

Barang siapa yang melakukan kejahatan menista atau menista dengan tulisan, dalam hal ia diizinkan untuk membuktikan tuduhannya.

Lalu ia tidak dapat membuktikan dan tidak benar maka dihukum karena salah memfitnah dengan hukuman penjara selama lamanya empat tahun.

"Kalau merujuk pasalnya ancaman untuk 310 yaitu 9 bulan. Sedangkan untuk pasal 311 ancamanya 4 tahun maksimal," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Andi Irfan, Rabu (19/2/2020).

Menurut Irfan, pasal yang dikenakan terdakwa masih akan dibuktikan dalam persidangan. Sidang terdakwa Risman masih akan digelar pada pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.

Irfan mengatakan, ada empat saksi rencana dihadirkan pada sidang berikutnya. Keempat saksi yang diduga berada pada saat kejadian.

Sekadar diketahui kasus ini berawal ketika saat sedang berlangsung acara Musyawarah Daerah (MUSDA) IX Partai Golkar Sulsel di luar Ballroom Novotel Jl Jenderal Sudirman Kota Makassar, 26 Juli 2019.

Terdakwa Risman Pasigai menjabat sebagai ketua Panitia MUSDA IX Partai Golkar Sulsel yang berlangsung dari 26-27 Juli 2019.

Saat berlangsung MUSDA IX Partai Golkar Sulsel kala itu datang saksi Hamzah Abdullah dan saksi Muhammad Taufik ingin menyampaikan aspirasinya.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved