Pilwali Makassar 2020

KPU Makassar Diisukan Bekingi Salah Satu Kandidat

Basis jalur perseorangan adalah dukungan langsung warga berupa formulir dukungan yang disertai tanda tangan

KPU Makassar Diisukan Bekingi Salah Satu Kandidat
hasan/tribun-timur.com
Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan proses yang ketat dalam melakukan verifikasi untuk jalur perseorangan, demi memastikan kesahihan dukungan warga.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Makassar Gunawan Mashar menjelaskan, jalur perseorangan bagi calon kepala daerah diatur di UU No 7 tahun 2017.

"Dan lebih rinci dijabarkan di PKPU 18 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PKPU 3 tahun 2017 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota," kata Gunawan via pesan WhatsApp, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, jalur perseorangan adalah pilihan bagi calon yang ingin ikut berkonstestasi dalam pemilihan kepala daerah, tanpa melalui jalur partai.

Basis jalur perseorangan adalah dukungan langsung warga berupa formulir dukungan yang disertai tanda tangan dan fotocopy KTP elektronik atau suket.

"Karena itu sudah jadi konsekuensi bagi calon yang ingin maju melalui jalur perseorangan untuk merebut hati warga, setidaknya dengan memberi dukungan KTP," ujar Gunawan.

"Jadi tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa calon yang bisa lolos jalur perseorangan hanya yang dibekingi penyelenggara," ia menambahkan

KPU, lanjut dia, justru bekerja untuk memastikan bahwa dukungan yang dikumpulkan oleh calon, adalah murni dukungan warga.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved