Tribun Bantaeng

Tiga Kabupaten di Sulsel Berguru Potensi SAR Water Rescue di Bantaeng

50 orang tersebut berasal dari tiga kabupaten di Sulsel, yakni Kabupaten Bantaeng, Bulukumba, dan Kabupaten Jeneponto.

Tiga Kabupaten di Sulsel Berguru Potensi SAR Water Rescue di Bantaeng
Ist
Bupati Bantaeng Ilham Azikin, saat menghadiri pelatihan Potensi SAR pertolongan di permukaan air (water rescue), di Kabupaten Bantaeng 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Sedikitnya 50 orang terdiri dari TNI, Polri, serta Instansi SAR, mengikuti pelatihan Potensi SAR pertolongan di permukaan air (water rescue), di Kabupaten Bantaeng.

50 orang tersebut berasal dari tiga kabupaten di Sulsel, yakni Kabupaten Bantaeng, Bulukumba, dan Kabupaten Jeneponto.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar, yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantaeng.

Pelatihan yang berlangsung di Gedung Balai Kartini Kabupaten Bantaeng ini, dibuka langsung oleh Bupati Bantaeng Ilham Azikin, Senin (17/2/2020).

Diselenggarakannya kegiatan ini, bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) SAR, serta meningkatkan kemampuan dan koordinasi antara kantor pencarian dan pertolongan SAR Makassar.

Dengan potensi SAR di wilayah kerja kantor Makassar, yang diantaranya adalah Bantaeng, Jeneponto dan Bulukumba.

Deputi Potensi Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang diwakili oleh Kasubdit Pengelola Potensi, Anggit Muly Satoto mengatakan, pelatihan ini memiliki arti yang sangat penting karena potensi kedaruratan di suatu daerah tidak dapat ditebak.

Sehingga, potensi SAR harus senantiasa siap dan waspada.

"Jumlah pelatihan potensi ini meningkat dari tahun sebelumnya, alokasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta pelatihan secara maksimal," ujar dia melalui rilisnya, Selasa (18/2/2020).

Ilham Azikin berharap, pelatihan ini melahirkan SDM yang tangguh dan handal, yang memang dibutuhkan tidak hanya oleh Kabupaten Bantaeng, tetapi juga dibutuhkan Sulawesi Selatan, mengingat bahwa kecelakaan juga sangat sering terjadi di perairan.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved