Air Bersih

Sarana Air Bersih Rp 297 Juta Layani 100 Rumah di Desa Subur Luwu Utara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menyerahkan sarana air bersih di Desa Subur, Kecamatan Sukamaju Selatan, Rabu (18/2/2020).

Sarana Air Bersih Rp 297 Juta Layani 100 Rumah di Desa Subur Luwu Utara
Bappeda Lutra
Pemkab Luwu Utara menyerahkan sarana air bersih di Desa Subur, Kecamatan Sukamaju Selatan, Rabu (18/2/2020). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menyerahkan sarana air bersih di Desa Subur, Kecamatan Sukamaju Selatan, Rabu (18/2/2020).

Sarana air bersih itu merupakan realisasi dari program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Luwu Utara.

Acara serah terima dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Luwu Utara Suaib Mansur, Pakem Bappeda, PPK, dan sejumlah pihak terkait.

Pembangunan sarana air bersih yang menelan anggaran Rp 297 juta dari DAK penugasan tahun 2019 mampu melayani 100 rumah penerima manfaat.

"Pamsimas ini merupakan salah satu program andalan pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat melalui pendekatan berbasis masyarakat," kata Suaib.

Kegiatan ini, juga dilakukan sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban kegiatan Pamsimas.

Dilaksanakan oleh masyarakat melalui kelompok swadaya masyarakat kepada pemerintah.

Selanjutnya diserahkan kembali kepada Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) sebagai lembaga pengelola.

Melalui serah terima ini, diharapkan pula sarana yang terbangun benar-benar dapat dikelola dengan baik agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Hadirnya KP-SPAMS sebagai wujud partisipasi dan tanggung jawab masyarakat dalam mengelola sarana yang telah dibangun, dan menjadi mitra pemerintah desa dalam memberikan pelayanan air minum dan sanitasi secara berkelanjutan," katanya.(*)

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved