Ombudsman

Pemda dan Instansi Paling Banyak Dikeluhkan Masyarakat Sulsel

Lembaga Pengawasan Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan menerima pengaduan masyarakat tentang dugaan maladministrasi sebanyak 25 laporan

Pemda dan Instansi Paling Banyak Dikeluhkan Masyarakat Sulsel
Istimewa
Subhan 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Lembaga Pengawasan Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan menerima pengaduan masyarakat tentang dugaan maladministrasi selama 2020 sebanyak 25 laporan.

Dari jumlah itu, pelayanan publik banyak dikeluhkan masyarakat didominasi Pemerintah Daerah (Pemda) dan lembaga pendidikan swasta.

"Memang setiap tahun Pemda paling banyak di laporkan, karena sebagian besar pelayanan publik dilakukan oleh Pemda,"kata Subhan kepada Tribun.

Selain itu kata Subhan, perilaku Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayan masyarakat belum sepenuhnya dijalankan.

"Sehingga masyarakat yang mulai sadar akan hak haknya berani melaporkan ke Ombudsman," lanjut Subhan.

Subhan mengatakan, jenis pengaduan paling banyak dikeluhkan masyarakat adalah dugaan maladministrasi dengan modus penyimpangan prosedur sebanyak 11 laporan.

Lalu disusul penundaan berlarut lima laporan, tidak memberikan pelayanan lima laporan, penyalahgunaan wewenang tiga laporan, tidak kompeten.

Sementara instansi yang banyak dilaporkan adalah pemerintah daerah (15 laporan), Badan Pertanahan (2), lembaga pendidikan swasta (4), kepolisian (1), peradilan (1), BUMN/BUMD (1), Perguruan Tinggi Negeri (1).

Asisten Ombudsman Sulsel Fajar Sidiq menambahkan telah menindaklanjuti dari seluruh laporan yang diterima. Mulai dari permintaan klarifikasi tertulis, klarifikasi langsung melalui pemanggilan.

Ombudsman juga melakukan investigasi, konsiliasi, mediasi dan yang terakhir rekomendasi. "Disetiap tahapan Laporan bisa selesai jika terlapor sudah melaksanakan apa yang menjadi keberatan masyarakat," sebutnya.

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved