Penghapusan IMB

Jamaluddin Jafar Sebut Penghapusan IMB Perlancar Bisnis Properti

Penghapusan pasal Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam Rancangan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja untuk memperlancar dunia bisnis properti.

TRIBUN TIMUR/MUH HASIM ARFAH
Komisaris Utama PT Ariyus Bersinar Lestarijaya, Andi Jamaluddin Jafar 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisaris Utama PT Ariyus Bersinar Lestarijaya, Andi Jamaluddin Jafar mengatakan penghapusan pasal Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam Rancangan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja untuk mempermudah dan memperlancar dunia bisnis properti

"Saya kira itu item untuk mempermudah dan kelancaran dalam dunia bisnis," kata Jamaluddin yang juga penasehat Real Estate Indonesia (REI) ini, Selasa (18/2/2020). 

Menurutnya, ketika pemerintah menghapus IMB, maka akan membantu pembangunan perumahan dan pengusaha yang bergerak dalam bidang properti

Selama ini, mantan legislator DPRD Sulsel ini menyampaikan pengurusan IMB beda-beda setiap daerah. 

"Masing-masing daerah, ada aturan tersendiri dalam Peraturan Daerah (Perda), ada biaya. Kami butuh adalah aturan yang mempermudah IMB supaya bisa keluar," katanya. 

Menurut pengalamannya, waktu pengurusan IMB beragam. 

"Ada cepat dan lambat, namanya saja izin, tergantung dari siapa wali kota dan bupati. Kalau wali kota prihatin terhadap pembangunan maka cepat," kata pemilik Perumahan Permata Hijau Lestari ini. 

Pemerintah akan mempertimbangkan keberlangsungan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Aturan tersebut dianggap menjadi salah satu alasan penghambat investasi.

Rencana terebut berada dalam skema perundangan Omnibus Law yang tertuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Lapangan Kerja yang merangkum lebih dari 70 undang-undang.(*)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved