Tribun Makassar

Over Kapasitas, Tahanan Kasus Narkoba Dominasi Rutan Klas 1 Makassar Capai 1.585 Orang

Rutan Klas 1 Makassar, Sulawesi Selatan, mengalami over kapasitas. Jumlah penghuni warga binaan saat ini mencapai 2.455 orang.

Over Kapasitas, Tahanan Kasus Narkoba Dominasi Rutan Klas 1 Makassar Capai 1.585 Orang
TRIBUN TIMUR/HASAN BASRI
Kepala Rutan Klas 1 Makassar sedang melakukan sosialisasi terkait layanan yang ada di Rutan. Sekaligus berdialog dengan para warga binaan 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --- Rumah Tahahan (Rutan) Klas 1 Makassar, Sulawesi Selatan, mengalami over kapasitas. Jumlah penghuni warga binaan saat ini mencapai 2.455 orang.

"Jumlah warga binaan mengalami over kapasitas 146 persen. Kapasitas rutan setidaknya menampung 1000 orang," kata Kepala Rutan Klas 1 Makassar, Sulistyadi kepada Tribun, Senin (17/2/2020).

Menurut Sulistyadi, dari jumlah warga binaan itu didominasi pelaku kasus narkotika dengan total mencapai 1.585 orang, dengan rincian 1.427 laki laki dan perempuan 113 orang.

Setelah itu, tahanan kasus pidana umum mendominasi terbanyak kedua. Pidana umum, seperti kasus pencurian, kekerasan dan lainnya.

Lalu disusul tahanan korupsi mencapai 11 orang dan 2 orang tahanan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Menurut Sulistyadi penyebab over kapasitas karena menampung dua wilayah hukum, yaitu Makassar dan Gowa. Total warga binaan dari Gowa mencapai 638 orang.

Ia mengatakan, telah melakukan berbagai upaya mengatasi over kapasitas penghuni rutan.

Salah satu dilakukan, kata Sulistyadi adalah pemindahan ke Rutan dan Lapas wilayah Sulsel yang masih memiliki daya tampung yang memadai.

Mereka juga terus berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan dan Pengadilan untuk percepatan surat putusan dan eksekusi sebagai dasar untuk memindahkan ke Rutan/Lapas lain.

"Kami juga lakukan pendekatan secara persuasif terhadap warga binaan, menanyakan keluhan atau saran masukan untuk perbaikan layanan yang lebih baik," sebutnya.

Sulistyadi menyampaikan tujuanya agar tercipta suasana kekeluargaan, Sehingga situasi aman dan terkendali. 

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved