Pilkada Serentak 2020

Alasan Demokrat Sulsel Belum Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Bupati

Pernyataan Japri itu sekaligus menanggapi pernyataan Sekretaris DPC Partai Demokrat Makassar Abdi Asmara

Alasan Demokrat Sulsel Belum Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Bupati
Istimewa
Japri Y Timbo 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) Partai Demokrat Sulsel, Japri Y Timbo menegaskan, tim penjaringan Demokrat Makassar belum menyerahkan berkas para bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang mendaftar di DPC Demokrat.

"Sampai hari ini Demokrat Makassar belum menyerahkan berkas calon yang mendaftar di Makassar," katanya, Minggu (16/2/2020).

Pernyataan Japri itu sekaligus menanggapi pernyataan Sekretaris DPC Partai Demokrat Makassar Abdi Asmara yang mengatakan bahwa tim penjaringan Makassar sudah menyerahkan nama-nama bakal calon wali kota ke DPD Demokrat Sulsel untuk segera dilakukan fit and proper test.

"Terakhir yang menyerahkan berkas itu DPC Demokrat Pangkep, yaitu tanggal 6 Februari kemarin. Pangkep ke sebelas yang menyerahkan berkas dari 12 daerah yang menggelar Pilkada serentak. Jadi semuanya sudah serahkan berkas, kecuali Makassar," tegas Japri.

Kapan dilaksanakan uji kelayakan dan kepatutan di DPD? Kata Japri setelah acara Kongres Demokrat yang rencananya digelar Maret 2020 ini.

"Fit kita laksanakan setelah Kongres Demokrat di bukan Maret 2020. Jadi kita ini tunggu Makassar, bukan DPD yang terlambat, keliru kalau mereka bilang kenapa belum laksanakan fit and proper tes," katanya.

"Justru kita ini menunggu Makassar lalu kami atur waktunya. Kita mau atur jumlah calon yang ikut termasuk waktu fitnya," ujar Jepri.

Terkait jangan mengerucutkan calon, Jepri menegaskan bahwa tradisi partai Demokrat dua kali Pilkada serentak semua hasil tes calon diumumkan ke publik dan hampir tidak pernah ada cakada yang gugur di DPD selama mereka ikuti tahapan penjaringan.

"Kecuali yang tidak ikut fit di DPD, meski mendaftar di DPC pasti kita gugurkan karena tidak melanjutkan tahapan tes," kata Jepri.

"Semua hasil penjaringan di DPD juga dilaporkan ke DPC lengkap dengan hasil fit and proper tes. Jadi kita tidak pernah kerucutkan calon seperti partai-partai lain," Jepri menambahkan.

Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved