Tribun Wajo

VIDEO: Lihat, Petugas Gabungan Sita Mesin Pompa Air dan Selang di Tanasitolo Wajo

Bahkan hal tersebut melanggar pasal 67 poin a dan poin c Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Wajo, nomor 2 tahun 2009 tentang Irigasi.

TRIBUN-WAJO.COM, TANASITOLO - Petugas gabungan menyita 9 mesin pompa air dan selang berukuran besar di Daerah Irigasi (DI) Kalola di Tanasitolo - Maniangpajo, Jumat (14/2/2020) sore.

Pasalnya, mesin dan selang mengambil air di irigasi adalah ilegal.

Bahkan hal tersebut melanggar pasal 67 poin a dan poin c Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Wajo, nomor 2 tahun 2009 tentang Irigasi.

"Sudah diamankan sebagian, tentunya kita berharap bukan cuma hari ini saja. Kami dari UPTD merasa sangat terbantu dengan adamya aparat penegak hukum yang mendampingi kita," kata Kepala UPTD Bendungan Bila-Kalola, Abdul Rasid.

Langkah penyitaan tersebut dilakukan lantaran banyaknya keluhan petani dibagian hilir irigasi, yang tak kebagian air lantaran aktivitas ilegal penyedotan air dalam skala di luar ketentuan.

Sebelumnya, pengaturan air untuk petani di dua kecamatan itu telah disepakati. Sayangnya, dalam prakteknya di lapangan, banyak petani yang culas.

Bahkan, ada sekelompok oknum petani yang sengaja merusak irigasi secara permanen untuk mendapatkan air.

Pemantauan daerah irigasi tersebut berdasarkan aspirasi petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakaian Air (P3A), yang mendatangi Kantor DPRD Wajo, Jumat (14/2/2020) pagi.

Mereka punya temuan di lapangan mengapa air irigasi itu jarang menyentuh sawah mereka.

Hal itu disebabkan ada oknum yang menjebol irigasi permanen tersebut, dengan memasang pipa besar yang mengambil jatah air warga.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved