Pendaftaran PPS di Makassar

Mau Daftar PPS Pilwali Makassar? Ini Syarat Lengkap dan Berkas Harus Disiapkan

Pendafatran anggota PPS akan digelar selama sepekan, mulai 18 sampai 24 Februari 2020.

Mau Daftar PPS Pilwali Makassar? Ini Syarat Lengkap dan Berkas Harus Disiapkan
abdul azis/tribuntimur.com
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Gunawan Mashar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, bakal membuka pendaftaran seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pendafatran anggota PPS akan digelar selama sepekan, mulai 18 sampai 24 Februari 2020.

Ketua KPU Kota Makassar, M Farid Wajdi mengatakan, ada 12 persyaratan wajib dipenuhi para pelamar.

Persyaratan tersebut ialah, warga negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun,
tidak menjadi anggota parpol atau paling singkat 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai, berdomisili dalam wilayah kerja PPS (Makassar), hingga poin ke-12, belum pernah menjabat 2 kali periode dalam jabatan yang sama. (lengkapnya lihat grafis di akhir berita).

Faridl Wajdi menggambarkan poin ke-12, dimana perhitungan jabatan yang sama yaitu telah menjabat 2 kali periode berturut-turut sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS dalam pelaksanaan Pemilu DPR, DPD dan DPRD, Pemilu Presiden dan Wapres, Pilgub dan Wagub, Pilbup dan Wabup/Pilwalkot dan Wawali dengan empat periodisasi.

"Periode pertama dimulai 2004-2008, periode kedua 2008-2013, periode ketiga 2014-2018, dan periode keempat tahun 2019," tulis Farid dalam pengumumannya yang terbit di koran Tribun Timur edisi, Sabtu (15/2/2020).

Bila Anda sesuai dengan syarat tersebut, silakan lampirkan 10 kelengkapan dokumen.

Seperti fotokopi kartu tanda penduduk elektronik dan fotokopi ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, yang terakhir dan dilegalisasi oleh pejabat berwenang, serta delapan surat pernyataan. (Lengpaknya ligat grafis di akhir berita).

"Bila seluruh dokumen syarat pendaftaran telah disiapkan, maka satu rangkap asli diserahkan kepada KPU, dan satu rangkap salinan diserahkan kepada PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) terpilih dan arsip calon PPS," tulis Faridl.

Kelengkapan dokumen diantarkan ke Sekretariat KPU Kota Makassar Jl Perumnas Raya No 2A Antang mulai (18-24/2/2020) pukul 23.59 Wita.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved