Hari Jadi ke 14 Belopa

TRIBUN WIKI: Sejarah Singkat Belopa Sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu

Dikutip Tribun dari portal.luwukab.go.id, Jumat (14/2/2020), dijelaskan bahwa Belopa sudah ada sejak masa Kerajaan Luwu.

TRIBUN WIKI: Sejarah Singkat Belopa Sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu
chalik/tribunlutra.com
Suasana Kota Belopa tepatnya di Kompleks Perkantoran Bupati Luwu di Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA UTARA - Sudah 14 tahun Belopa menjadi ibu kota Kabupaten Luwu.

Peringatan Hari Jadi ke-14 Belopa sebagai ibu kota Kabupaten Luwu diperingati di halaman belakang Rumah Jabatan Bupati Luwu di Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa, Kamis kemarin.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman hadir di acara itu.

Dikutip Tribun dari portal.luwukab.go.id, Jumat (14/2/2020), dijelaskan bahwa Belopa sudah ada sejak masa Kerajaan Luwu.

Belopa sejak awal adalah bagian integral dari Kerajaan Luwu yang semula berkedudukan di Ussu, sebagai pusat pengendalian pemerintahan yang dipimpin Payung Luwu Pertama.

Dalam dinamika perkembangan sejarah Kedatuan Luwu, Were' atau ibu kota sebagai pusat pengendalian pemerintahan Kedatuan Luwu berpindah tempat beberapa kali.

Antara lain ke Manjapai, kedua Cilallang atau Kamanre, ketiga Pattimang, dan keempat Palopo.

Pada saat ibu kota pemerintahan Kedatuan Luwu berkedudukan di Kamanre, Datu menempatkan petugas kedatuan (Pabbate-bate rilaleng pare) di Bajo dengan gelar Sanggaria Bajo.

Bertugas mengawasi dan mengontrol keamanan lalu lintas perdagangan di Belopa dan Lamunre melalui pelabuhan Ulo-ulo.

Oleh karena tuntutan kebutuhan pemerintahan Kedatuan Luwu, maka sebelum abad ke-16, diadakan reorganisasi sistem pemerintahan Kedatuan Luwu yang membentuk tiga wilayah besar.

Halaman
1234
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved