Satpol PP Toraja Utara

Satpol PP Toraja Utara Bongkar Puluhan Bangunan Liar Bantaran Sungai, Siapa Perintah?

Bangunan liar yang dibongkar pihak Satpol PP adalah bangunan melanggar sempadan jalan dan sungai dan pemilik bangunan tidak membongkar sendiri.

Satpol PP Toraja Utara Bongkar Puluhan Bangunan Liar Bantaran Sungai, Siapa Perintah?
risnawati/tribuntoraja.com
Ratusan Anggota Satpol PP Toraja Utara bersama Damkar membongkar bangunan liar di sepanjang jalan poros Rantepao-Makale Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulsel, Jumat (14/02/2020) siang 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Toraja Utara sebanyak 250 orang ditugaskan membongkar bangunan liar di sepanjang jalan poros Rantepao-Makale Kecamatan Kesu, Jumat (14/02/2020) siang.

Bangunan liar yang dibongkar pihak Satpol PP adalah bangunan melanggar sempadan jalan dan sungai dan pemilik bangunan tidak membongkar sendiri.

Giat penertiban bangunan melanggar itu dibackup pihak Polres Toraja Utara sebanyak 50 personel, dikawal 1 peleton Brimob Yon Parepare, TNI Kodim 1414 Tana Toraja 30 personel dan Satlantas pengatur lalu lintas 10 personel.

Kepala Satpol PP Toraja Utara Andarias Sesa mengatakan juga dibantu dari Dinas Perhubungan 10 orang dan petugas pemadam kebakaran (Damkar) 15 orang serta tim medis Dinas Kesehatan.

"Yang dibongkar adalah yang melanggar sempadan jalan dan sempadan sungai, semua tahapan kita lakukan berdasarkan aturan," ucapnya.

Kata Andarias Sesa, penindakan dilakukan mulai dari dinas terkait yang kemudian dilimpahkan ke Satpol PP dan memberikan peringatan yang SPODnya 731, selanjutnya warga setempat diberikan kesempatan dan meminta waktu membongkar sendiri.

"Harusnya awal Desember sudah dibongkar, tapi kita bijak dan beri kesempatan dua bulan lebih lamanya namun ada tidak membongkar juga sampai sekarang," jelasnya.

Dijelaskan Andarias, bangunan yang melanggar sepanjang depan hotel Misiliana yaitu 58 bangunan dan 45 bangunan bongkar sendiri.

Sementara di Alang-alang terdapat 38 bangunan yang melanggar, 22 bangunan sudah bongkar sendiri.

"Sisanya itu yang tidak bongkar bangunannya yang kita lakukan penertiban, kemungkinan bisa selesai sore ini atau besok hingga tuntas," terang Andarias.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved