Tribun Palopo

Pembelaan Ketua DPRD Palopo Soal Tudingan Penandatanganan SK Sembunyi-Sembunyi

Ketua DPRD Palopo Nurhaenih menepis tuduhan penandatanganan Surat Keputusan (SK) dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Pembelaan Ketua DPRD Palopo Soal Tudingan Penandatanganan SK Sembunyi-Sembunyi
DPRD Palopo
Ketua DPRD Palopo Nurhaenih. 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Ketua DPRD Palopo Nurhaenih menepis tuduhan penandatanganan Surat Keputusan (SK) persetujuan penetapan pinjaman daerah kota Palopo terhadap lembaga keuangan bukan bank PT SMI dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Kepada TribunPalopo.Com, Politisi Golkar ini mengatakan, terkait soal pinjaman sebesar 103 miliar, Pemkot Palopo telah mengajukan dalam pembahasan rancangan KUA-PPAS.

Sebelumnya juga telah dibahas melalui komisi dan dilanjutkan ke banggar.

" Dan terjadi perdebatan soal pinjaman ini,kemudian seluruh fraksi menyampaikan pandangan masing-masing, ada dua fraksi yang menolak dan ada 3 fraksi yang menerima," katanya.

Nurhaeni menjelaskan, dalam rapat paripurna KUA-PPAS pada akhirnya juga disetujui bersama dan dilanjutkan dalam pembahasan RAPBD serta telah di Paripurnakan dengan tetap memasukan item pembiayaan berupa pinjaman daerah.

"Sangat jelas dalam PP no 56 tahun 2018, pada pasal 16 ayat 2 terkait tentang persetujuan DPRD dilakukan bersamaan pada saat KUA dan PPAS," paparnya.

Ia melanjutkan, terkait persetujuan yang telah ditandatangani adalah tindak lanjut dari hasi paripurna KUA-PPAS dan APBD.

"Kan sangat lucu, jika DPRD kembali melakukan rapat paripurna terkait persetujuan pinjaman, sementara KUA-PPAS telah ditetapkan sebelumnya," kuncinya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPRD Palopo Nurhaeni resmi menandatangani Surat Keputusan (SK) persetujuan penetapan pinjaman daerah kota Palopo terhadap lembaga keuangan bukan bank PT SMI sejak tanggal 27 Januari 2020.

SK tersebut hanya ditandatangani oleh dua unsur pimpinan saja, Ketua DPRD Nurhaeni dan Wakil Ketua DPRD, Abdul Salam.

Halaman
123
Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved