Rakor ABH Sulbar

Hadiri Rakor ABH Sulbar, Staf Khusus Kemenkum HAM Bilang Begini

Rapat Koordinasi diikuti para perwakilan Kepala Kepolisian Resort, Kepala Kejaksaan Negeri Mamuju, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Lembaga Pemasyaraka

nurhadi/tribunmamuju.com
Pembukaan rakor pembinaan dan pembimbingan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) oleh staf Khusus Menteri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Milton Hasibuan,di Maleo Town Square Hotel, Mamuju, Kamis (13/2/2020) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Staf Khusus Menteri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Milton Hasibuan, membuka rakor pembinaan dan pembimbingan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH).

Berlangsung di Maleo Town Square Hotel, Mamuju, Kamis (13/2/2020)

Rapat Koordinasi diikuti para perwakilan Kepala Kepolisian Resort, Kepala Kejaksaan Negeri Mamuju, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Lembaga Pemasyarakatan/Kepala Rumah Tahanan Negara.

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan Kepala Balai Pemasyarakatan se Sulawesi Barat dan pemerhati anak di Sulawesi Barat.

Narasumber acara tersebut, Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Ditjen Pemasyarakatan Budi Sarwono.

Juga Kepala Kejaksaan Tinggi Sulbar, Darmawel Aswar dan Kabag Wasidik Ditkerimum Polda Sulbar AKBP Yuli Rinawati.

Menurut Milton, visionernya suatu bangsa dapat dilihat dari bangsa tersebut memberikan prioritas pembangunan bagi anak.

Kemudian konstitusi kita sudah mengatur bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

"Untuk itu bagi anak yang berhadapan dengan hukum harus diperlakukan dengan pendekatan keadilan restorative dan diversi.

Guna menjauhkan anak dari proses peradilan dalam rangka menghindari stigmatisasi, dan itu perlu peran serta semua pihak,"kata Milton.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved