Pelindo IV

Pelindo IV Diminta Implementasikan Digitalisasi Industri 4.0

Tujuannya untuk mendukung pelayanan bisnis terbaik, serta melakukan deregulasi sistem ekspor impor yang terkait dengan kemudahan pelayanan jasa

Ist
Suasana Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Wakil Menteri BUMN II, Kartiko Wirjoatmodjoo yang juga dihadiri Direktur Utama beserta Direksi PT ASDP, PT Pelni, Djakarta Llyod, PT Pelindo I, II, III dan IV di Gedung MPR RI, Senin (10/2/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- PT Pelabuhan Indonesia diminta untuk mengimplementasikan digitalisasi industri 4.0.

Tujuannya untuk mendukung pelayanan bisnis terbaik, serta melakukan deregulasi sistem ekspor impor yang terkait dengan kemudahan pelayanan jasa kepelabuhanan.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang usai menghadiri undangan Rapat Kerja Komisi VI DPR RI.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Menteri BUMN II, Kartiko Wirjoatmodjoo yang juga dihadiri Direktur Utama beserta Direksi PT ASDP, PT Pelni, Djakarta Llyod, PT Pelindo I, II, III dan IV di Gedung MPR RI, Senin (10/2/2020).

Farid mengatakan, bahwa Komisi VI DPR RI yang membidangi Industri, Investasi, dan Persaingan Usaha meminta BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan.

"Komisi VI juga meminta agar Pelindo I hingga IV memerhatikan aspek dwelling time agar dapat mempermudah proses ekspor dibandingkan proses impor," katanya melalui rilisnya, Selasa (11/2/2020).

Lebih lanjut, Farid Padang menyebutkan bahwa tahun ini ada enam pelabuhan yang akan ditingkatkan statusnya dari pelabuhan penumpang menjadi terminal petikemas atau pelabuhan multipurpose.

“Yaitu Pelabuhan Sorong, Tarakan, Ternate, Kendari, Manokwari dan Pelabuhan Merauke,” sebutnya.

Menurutnya, untuk Pelabuhan Sorong akan dilakukan pengembangan dermaga, perkerasan Container Yard (CY) atau lapangan penumpukan seluas 5 ha dan investasi alat.

“Sedangkan di Pelabuhan Tarakan, Ternate, Kendari, Manokwari dan di Pelabuhan Merauke, dilakukan pengembangan dermaga, perkerasan CY, reklamasi CY, pembuatan mooring dolphin dan catwalk, juga untuk pengadaan alat di pelabuhan,” bebernya.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved