PERFORMA

Perkumpulan Fotografer Makassar 'Hunting Sampah' di Paotere

puluhan anggota Perkumpulan Fotografer Makassar (PERFORMA) menjalankan kegiatan membersihkan Paotere dari sampah plastik.

Perkumpulan Fotografer Makassar 'Hunting Sampah' di Paotere
TRIBUN TIMUR/MUH ABDIWAN
Puluhan anggota Perkumpulan Fotografer Makassar (PERFORMA) hunting foto sekaligus menjalankan kegiatan membersihkan Paotere dari sampah plastik, Minggu (9/2/2020). Kegiatan ini adalah program ‘pengurangan sampah plastik’, yaitu program pendamping kegiatan fotografi nasional Salonfoto Indonesia ke-41 yang segera mereka laksanakan di Makassar pada tahun ini. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Cuaca di sekitar Pelabuhan Paotere begitu mendung minggu (9/2/2020).

Tampak perahu kayu yang bersandar di anjungan terombang ambing oleh hempasan ombak.

Hujan rintik-rintik dari beberapa hari yang lalu menggenangi jalan beton di sekitar pelabuhan rakyat tertua di kota Makassar ini.

Refleksi dari genangan air menambah keindahan tempat ini secara grafis yang tersohor hingga kemana-mana. tak peduli pada cuaca apapun, Pelabuhan ini indah pada sejarah dan indah pada bentuknya.

Tak rugi para fotografer selalu mengabadikannya.

Cuaca sore ini tak menyurutkan langkah puluhan anggota Perkumpulan Fotografer Makassar (PERFORMA) menjalankan kegiatan membersihkan Paotere dari sampah plastik.

Layaknya petugas kebersihan yang berbekal kantongan sampah, mereka berjalan sepanjang pelabuhan ini mengais sampah plastik yang bertebaran di mana-mana.

Selanjutnya secara bergantian mereka mengangkut sapah yangterkumpul memenuhi kantong sampah yang dibawahnya itu ke penampungan sampah yang disediakan oleh PT. Pelabuhan Indonesia IV.

Menurut beberapa diantara mereka, kegiatan yang mereka lakukan ini adalah sebuah kegiatan simbolis dari program ‘pengurangan sampah plastik’, yaitu program pendamping kegiatan fotografi nasional Salonfoto Indonesia ke-41 yang segera mereka laksanakan di Makassar pada tahun ini.

Mereka berupaya secara sadar bahwa sampah plastik berdampak pada keberlangsungan kehidupan secara luas.

Halaman
123
Penulis: Muh. Abdiwan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved