Tribun Polewali

Lapas Polewali Terus Galakkan Program Kemandirian WBP

Hal itu dilakukan sehingga para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), agar dapat berintegrasi dengan masyarakat

Lapas Polewali Terus Galakkan Program Kemandirian WBP
Ist
Pelatihan program pembinaan kemandirian WBP di Lapas Polewali Mandar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Polewali Mandar, terus melakukan program pembinaan kemandirian warga binaan dengan membekali keterampilan.

Hal itu dilakukan sehingga para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), agar dapat berintegrasi dengan masyarakat, dan jadi warga yang bertanggung jawab selama maupun setelah menjalani pidana.

Program pembinaan yang dilakukan diantaranya pengembangan peternakan ayam petelur, budidaya ikan air tawar, kerajinan anyaman dari lidi, seperti lobo, bosaran dan keranjang pakaian.

Kemudian pembuatan paving block, pembuatan roti, pencucian motor/mobil, kerajinan kaligrafi, meubeler dan peternakan kambing.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Harun Sulianto, didampingi Kepala Lapas Polewali Waris, memantau seluruh program pembinaan kemandirian WBP.

"Lapas Polewali juga sedang jalankan program nasional Ditjen pemasyarakatan yakni, rehabilitasi sosial bagi napi pengguna narkoba diikuti 100 WBP akan berlangsung 6 bulan," kata Harun Sulianto.

Ia mengatakan, program rehabilisi dijalankan dengan pendampingan konselor adiksi, psikolog kerjasama dengan Dinkes dan BNNK setempat.

"Program ini dengan standar WHO dengan metode quality of life ( QOL) yang tekankan aspek fisik, emosi dan sosial,"Kepala Lapas Polewali Waris menambahkan.

Untuk program nasional kemandirian bagi WBP pihak Lapas telah kerjasama dengan dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan ESDM Kabupaten Polman, Balai latihan kerja, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polman.

"Ada 12 jenis pelatihan dan diikuti 380 WBP, yakni latihan pertukangan kayu dan batu, tata boga, mekanik roda dua dan roda empat, las listrik, servis elektronik, AC dan HP, menjahit, potong rambut, dan hidroponik,"papar Waris.(tribun-timur.com/adv).

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved